Young Buddhist Association of Indonesia di Surabaya.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Jadikan Imlek Hari Besar Nasional Indonesia, Pemuda Buddhist Surabaya Ajak Seluruh Warga Tionghoa Berdoa Atas Jasa Gus Dur

Sabtu, 21 Januari 2023 - 16:08 WIB

Surabaya, tvonenews.com – Menjelang perayaan hari raya Imlek, Young Buddhist Association of Indonesia di Surabaya mengajak seluruh etnis Tionghoa di negeri ini, untuk tidak melupakan jasa Presiden RI ke-4, K.H. Abdurrahman Wahid atau yang biasa akrab di sapa dengan nama Gus Dur.

Ketua Dewan Pembina Young Buddhist Association of Indonesia, Billy Lukito Joeswanto mengatakan alasan untuk mengajak masyarakat luas, khususnya etnis Tionghoa mengenang jasa Gus Dur di saat perayaan Imlek 2023 dengan mendoakan arwahnya, lantaran berkat jasanya, kini perayaan Imlek dapat di rayakan dengan dengan sukacita dan tanpa ada larangan aapapun

Menurut Billy pada masa kecilnya sebelum era reformasi, orang-orang yang merayakan hari raya Imlek tidak bisa melakukannya secara bebas dan terbuka. Bahkan saat perayaan Imlek datang, banyak orang Tionghoa yang tidak libur dan masih harus bersekolah maupun bekerja lantaran pada masa itu hari raya Imlek tidak termasuk dalam kalender libur nasional.

"Karena beliau (Gus Dur) membuat kita bisa merayakan Imlek dengan sukacita dan tanpa ada larangan. Zaman dulu, waktu kita kecil sebelum reformasi, kita masih harus sekolah karena bukan tanggal merah, dan tidak bisa merayakan secara khusus dengan menikmati hiasan ornamen dan budaya Tionghoa seperti barongsai di muka publik," ungkapnya saat ditemui di Surabaya, Sabtu (21/1).

Lebih lanjut Billy Lukito Joeswanto menambahkan, bagi Young Buddhist Association of Indonesia, Gus Dur merupakan sosok pahlawan kemanusiaan yang berani memimpin dan hadir bagi kaum minoritas atau tertindas. 

"Gus Dur sosok pahlawan kemanusiaan yang berani memimpin dan hadir bagi kaum minoritas atau tertindas apapun resikonya bagi dirinya dan keluarganya," tuturnya.

Billy juga mengajak para pemuda di negeri ini yang merayakan Hari Imlek, untuk terus mendoakan yang terbaik kepada Gus Dur dan keluarga di momen Imlek ini. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral