Kadin Jatim Dorong Percepatan Pembangunan Industri Maritim.
Sumber :
  • tvOne - syamsul huda

Sebagai Negara Maritim, Kadin Jatim Dorong Percepatan Pembangunan Industri Maritim

Rabu, 1 Februari 2023 - 10:50 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Bersama Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), KADIN Jatim mendorong pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk melakukan percepatan pembangunan industri maritim di Jawa Timur terlebih Indonesia adalah negara maritim dengan potensi besar.

"Harus secepatnya dan serius membuat kluster industri maritime, yang sekarang sudah ada perlu ditingkatkan karena Indonesia adalah negara maritim. Salah satu infrastrukturnya adalah kapal," kata Ketua Umum Adik Dwi Putranto usai acara PPNS Industrial Advisory Board Annual Meeting 2023 di Surabaya, Selasa (31/1).

Klaster industri maritim menjadi salah satu wadah agar industri ini bisa terus tumbuh dan bisa bersaing dengan luar negeri.

"Dalam hal ini, Kadin Jatim bersama PPNS akan menyiapkan SDMnya," tambahnya.

PPNS adalah satu-satunya perguruan tinggi yang konsen terhadap sektor perkapalan. Saat ini, perguruan tinggi yang statusnya sudah berubah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) tersebut telah memiliki 16 prodi yang semuanya terkait dengan industri kemaritiman, mulai dari Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal hingga Teknik Desian dan Manufaktur serta Teknik Otomasi.

"Mereka ini ahlinya di kapal yang perlu ditingkatkan bagi mahasiswanya adalah pembentukan karakter agar memiliki daya juang tinggi dan kadin akan meyiapkan pelatih tempat kerja di industri perkapalan serta harmonisasi kurikulum," ujarnya.

Pelatihan pelatih tempat kerja dinilai sangat penting agar nantinya pelatih di industri perkapalan ini mengerti dan paham apa yang harus dilakukan ketika ada mahasiswa yang magang di industri terkait. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral