Koarmada II Gelar Imlek Bersama Ribuan Prajurit dan Warga Tionghoa.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Koarmada II Gelar Imlek Bersama Ribuan Prajurit dan Warga Tionghoa

Rabu, 1 Februari 2023 - 10:59 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Amalkan persatuan Indonesia sebagai bagian dari sila ke 3 Pancasila, ribuan Prajurit TNI AL beserta anggota kapal dan staf Komando Armada (Koarmada) II rayakan tahun baru Imlek di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya pada Selasa (31/1).

Laksamana Muda TNI T.S.N.B Hutabarat, Panglima Koarmada II mengatakan, perayaan tersebut diadakan sebagai bentuk pengenalan kepada seluruh armada tentang budaya Imlek dan Cap Go Meh.

“Jadi, agar mereka mengerti bahwa ada budaya yang berbeda dan Bhinneka Tunggal Ika itu ada di bangsa ini,” ucapnya seusai kegiatan perayaan.

Karena menurutnya, Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya untuk dipahami, tetapi juga untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa acara tersebut juga sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Pada intinya, saya ingin mengaplikasikan sila ke tiga dari Pancasila, yaitu persatuan Indonesia,” ungkapnya.

Dalam perayaan Imlek yang turut dihadiri sejumlah perkumpulan masyarakat Tionghoa di Jawa Timur tersebut, diawali dengan olahraga bersama, yakni dengan melakukan senam pagi menggunakan pakaian berwarna merah.

Kemudian, melakukan baris berbaris dan dilanjutkan dengan pertunjukan seni, yang mana dalam penampilannya menghadirkan musik dari Koarmada, seni bela diri, dan seni barongsai.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral