Gunung Bromo.
Sumber :
  • M. Syahwan/tvOne

Berstatus Waspada, Aktivitas Gunung Bromo Kembali Meningkat

Minggu, 5 Februari 2023 - 09:30 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com – Terpantau aktivitas Gunung Bromo kembali meningkat walaupun dalam status Level II (Waspada) di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada Sabtu (4/2/2023).

Wahyu Andrian Kusuma selaku petugas pos pantau Gunung Bromo menjelaskan hingga saat ini masih tercium bau belerang dari puncak kawah Gunung Bromo yang sangat menyengat.

“Kami imbau untuk saat ini pengunjung, wisatawan maupun pendaki agar tidak memasuki kawasan Gunung Bromo dalam radius satu kilometer dari puncak kawah,” terangnya.

Wahyu menambahkan hal itu dilakukan untuk mewaspadai adanya letusan freatik yang sifatnya secara mendadak atau tanpa adanya tanda-tanda aktivitas vulkanik.

"Saat ini, visual Gunung Bromo terlihat jelas. Ditandai dengan asap kawah putih teramati berintensitas sedang hingga setinggi 50-300 meter di atas puncak kawah," tambahnya.

Meski demikian, bagi masyarakat di kawasan lereng Gunung Bromo tidak perlu panik dan resah selama tetap waspada dan mematuhi peraturan yang berlaku. (msn/nsi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral