Warga dan juga anak sekolah terpaksa berjalan kaki menuruni lembah dan curam sejauh 2 kilometer untuk mengambil air..
Sumber :
  • Tim Tvone-Tovik Koban

Miris, Warga di NTT Minum dan Mandi dari Air Keruh Bercampur Tanah

Rabu, 7 Juni 2023 - 11:35 WIB

Sikka, tvOnenews - Kebutuhan akan air bersih masih menjadi kendala dan barang langka bagi warga Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, khususnya warga dusun Natarita, Desa Darat Gunung, Kecamatan Talibura. 

"ini sumber air satu-satunya di wilayah kami. Untuk mencapai lokasi ini, kami harus berjalan kaki sejauh 2 km menuruni lembah," ungkap Hilaria Paulina Gekaj (35) kepada tvonenews, Rabu (07/06/2023) pagi. 

Betapa tidak, untuk mendapatkan air minum untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum dan memasak, warga dan juga anak sekolah terpaksa berjalan kaki menuruni lembah dan curam sejauh 2 kilometer dari pemukiman menunju satu-satunya sumber mata air yang yang ada di lereng bukit. 

Dikatakan Paulina, saat di lokasi sumber air, warga pun harus antrian berjam-jam, bahkan hingga malam hari. Pasalnya, sumber mata air yang berbentuk kubangan kecil tersebut memiliki debit air yang sangat kecil. Selain itu, kondisi air pun berkeruh, kotor dan bercampur tanah. 

Foto : anak sekolah mengambil air keruh di sumber air satu-satunya

"Meskipun kotor, kami harus ambil air ini karena tidak ada mata air lain lagi di dusun kami. Dan kami pun harus antri berjam-jam, bahkan hingga malam hari. Nanti pulang sampe rumah baru kami saring lagi airnya," katanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral