Ratusan warga bersama Pemda dan PT. Sumitomo, GSI, menanam Mangrove di Pantai Mutiara, Pulau Kaung, Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa..
Sumber :
  • Tim Tvone-Irwansyah

Atasi Abrasi dan Kurangi Emisi, 120.000 Bibit Mangrove Ditanam di Pulau Kaung Sumbawa

Selasa, 13 Juni 2023 - 17:38 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - Sebanyak 120.000 batang bibit Mangrove ditanam di areal seluas 25 hektare di Pulau Kaung, Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah, mengatakan, pemerintah sangat terbantu dengan kegiatan penanaman mangrove ini karena membantu pemulihan dan rehabilitasi kawasan pesisir. 

"Jangka panjang dapat berkontribusi dalam penurunan emisi karbon. Kegiatan ini sangat sejalan dengan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Sumbawa sebagai ibukota perubahan iklim yang ditetapkan oleh Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) dan juga teluk saleh yang telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh Unesco," tegas bupati. 

Aksi ini dilakukan sebagai komitmen perusahaan dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) dan juga sejalan dengan target Nationally Determined Contribution (NDC)  Indonesia.

“Kita sudah menanam Mangrove di 2 area yaitu seluas 25 Ha berlokasi di Pulau Kaung dan 15 Ha di Pulau Bungin, Kabupaten Sumbawa," kata President Director PT Sumitomo Indonesia, Hiroshi Karashima.

Ia mengatakan, PT. Sumitomo Indonesia, beserta grup perusahaan dan mitra PT. Gas Strategies Indonesia (GSI) telah berhasil menanam total 120.000 benih Mangrove.

"Hal baik yg didapat dari aktivitas pertama di Sumbawa, adalah di internal Sumitomo Corporation sendiri, karyawan kami menjadi lebih memperhatikan pentingnya menjaga lingkungan. Kami juga menjadi sadar betapa pentingnya bekerja sama dengan instansi pemerintahan lokal," ungkapnya. 

Untuk project penanaman Mangrove ini akan terus dilakukan karena hal ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi alam dan manusia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral