Tradisi "Nuja Rame" masyarakat Suku Sumbawa.
Sumber :
  • Tim Tvone-Irwansyah

Tradisi "Nuja Rame" Cara Masyarakat Desa Lamenta Sumbawa Galang Dana untuk Pembangunan Masjid

Selasa, 4 Juli 2023 - 10:49 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com – Tradisi "Nuja Rame" atau menumbuk padi beramai-ramai, masih terus dipertahankan dan dilestarikan oleh masyarakat Suku Sumbawa atau Samawa.

Salah satunya yang masih dilaksanakan masyarakat Desa Lamenta, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan Nuja Rame adalah kegiatan menumbuk padi beramai ramai yang dilakukan oleh masyarakat desa dengan melibatkan hampir semua kaum hawa di desa tersebut. 

Nuja Rame, biasanya dilakukan masyarakat pada acara acara tertentu atau perayaan hari besar sebagai bentuk gotong royong. Selain ditemui sebagai bagian dari prosesi pernikahan adat Samawa (Sumbawa), Nuja Rame juga digelar untuk penggalangan dana pembangunan masjid desa.

Demikian yang dilakukan oleh masyarakat Desa Lamenta. Masyarakat setempat melaksanakan Tradisi Nuja Rame dalam rangka penggalangan dana pemangunan Masjid Nurul Yakin, Masjid Besar milik Desa Lamenta.

“Ini merupakan kerja sama antara seluruh elemen masyarakat yang diinisiasi oleh Lembaga Adat Desa Lamenta bersama dengan panitia pembangunan masjid dalam rangka penggalangan dana pembangunan Masjid Nurul Yakin Desa Lementa,” ujar Kepala Desa Lamenta, H. Sirajuddin, kepada tvOnenews.com, Selasa (04/07/2023).

Kades menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan. Mulai dari masyarakat, RT, RW, Lembaga Adat, serta Universitas Samawa (UNSA) atas inisiasi pengembangan potensi budaya di desanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral