Tim Medis Siap Lakukan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Kaki Empat di NTB.
Sumber :
  • Herman Zuhdi

Tim Medis Siap Lakukan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Kaki Empat di NTB

Jumat, 4 Agustus 2023 - 19:48 WIB

Mataram, tvOnenews.com - Tim medis yang akan melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam Muhamad Karunia usia 9 bulan asal Desa Suwangi, Lombok Timur di Rumah Sakit Umum Pusat Nusa Tenggara Barat (RSUP NTB), telah melakukan gladi bersih pada hari ini. Jumat, (4/08). 

Gladi bersih dilakukan tim medis ini adalah simulasi terakhir sebelum operasi dilakukan, untuk memastikan semua persiapan sudah siap dan steril.

Ketua Tim Media Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam dari RSUP NTB, dr. Sunanto, mengatakan bahwa operasi akan dimulai besok pagi, Sabtu, 5 Agustus 2023. Ia mengatakan bahwa tim medis sudah siap secara tenaga kesehatan, peralatan, dan prosedur.

"Untuk persiapan operasi kali ini hampir 95%, dari tim tenaga kesehatan, peralatan, semua sudah siap. Kemudian kita insya allah mulai besok pagi kita sudah bisa melakukan tindakan operasinya," ujar dr. Sunanto dalam wawancaranya dengan tvone usai melakukan gladi bersih. 

Ia menjelaskan bahwa operasi pemisahan bayi kembar siam ini melibatkan tim ahli dari RSUP NTB dan Rumah Sakit Dokter Sutomo Surabaya. Tim ahli terdiri dari spesialis bedah anak, spesialis bedah plastik, dan pakar bedah toraks.

"Yang akan melakukan operasi dari tim ahli dari Rumah Sakit Provinsi NTB dan mendapat pengampuan dari rumah sakit dokter sutomo, yaitu dari pakarnya kemudian dibantu dengan spesialis bedah anak dan spesialis Bedah plastik," kata dr. Sunanto.

Bayi kembar siam ini memiliki kondisi yang sangat langka, yaitu terhubung di bagian perut, serta memiliki 4 kaki dan 4 tangan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
01:15
08:58
01:43
08:40
04:43
Viral