Bangunan Perpustakaan SMA N 1 Ilaga hangus terbakar akibat aksi kelompok KKB.
Sumber :
  • desius termas

Perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga Terbakar Akibat Aksi KKB, Situasi Wilayah Diawasi Ketat

Jumat, 18 Agustus 2023 - 16:54 WIB

Puncak, tvOnenews.com, Di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, diduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di bawah pimpinan Titus Murib, dikenal juga sebagai KKB Kepala Air, melakukan aksi pembakaran yang menghanguskan bangunan Perpustakaan SMA N 1 Ilaga. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis (17/8/2023), di tengah momentum Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Kepastian aksi pembakaran tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, dalam keterangan resmi. Menurutnya, kejadian ini berlangsung pada pukul 13.28 WIT di SMA N 1 Ilaga, Kamp. Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Bangunan Perpustakaan SMA N 1 Ilaga hangus terbakar akibat aksi pembakaran yang dilakukan oleh KKB pimpinan Titus Murib (KKB Kepala Air)," ungkap Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo.

Ia menjelaskan, kabar tentang kebakaran tersebut pertama kali diterima oleh Personel Satgas Kopasgat Yonko 468/Sarotama Pos 25 Bandara Aminggaru. Melalui saluran komunikasi Channel HT Jajaran TNI-Polri Ilaga, asap tebal terlihat berasal dari bangunan Kompleks Sekolah Ilaga.

Tanggap cepat dari Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri Ilaga pun segera terjadi. Mereka meluncur menggunakan 2 unit kendaraan roda empat jenis rantis dan truk menuju lokasi kejadian. Sesampainya di SMA N 1 Ilaga, aparatur tersebut langsung melakukan penyisiran.

"Aparat sempat diganggu oleh bunyi tembakan pistol yang terdengar berasal dari arah belakang SMA N 1 Ilaga, walaupun sempat melakukan tembakan balasan, namun aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri tidak melakukan pengejaran dikarenakan hal tersebut diindikasi merupakan pancingan dari Kelompok KKB," terangnya.

Meski bangunan Perpustakaan SMA N 1 Ilaga telah menjadi korban aksi pembakaran, situasi wilayah masih tetap diawasi dengan ketat oleh seluruh Aparat Keamanan TNI-Polri. Mereka berada dalam status siaga 1, siap mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan yang mungkin dilakukan oleh Kelompok KKB.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral