Petugas Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, mengevakuasi warga yakni seorang ibu rumah tangga (IRT) bersama bayi dan anak yang masih balita..
Sumber :
  • didi syahwani

Rumah Terkepung Asap Karhutla, Petugas BPBD Kotim Evakuasi IRT Bersama Balitanya

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 12:30 WIB

Kotawaringin Timur, tvOnenews.com - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, mengevakuasi warga yakni seorang ibu rumah tangga (IRT) bersama bayi dan anak yang masih balita. Mereka sekeluarga tinggal disekitaran Jl. M. Hatta atau jalan lingkar utara, yang saat itu tengah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang cukup besar dan luas.

"Petugas kami menemukan ibu beserta anaknya yang masih bayi dan seorang lagi masih balita, kebingungan karena rumah mereka terkepung asap karhutla," ungkap Sekretaris BPBD Kotim, Arief, Sabtu (19/8/2023).

Karena kondisi saat itu sangat beresiko terhadap keselamatan warga tersebut, sambung Arief, maka petugas mereka dilapangan  dengan cepat mengevakuasi IRT beserta kedua anaknya yang masih bayi dan balita tersebut ke tempat yang lebih aman dan terbebas dari asap.

"Untung saja ibu tersebut patuh dengan petunjuk petugas kami, dan langsung bersedia dievakuasi," sebut Arief.

Martini (40), IRT yang dievakuasi petugas BPBD, mengaku cukup panik dalam kejadian ini, sebab asap tebal yang bercampur butiran abu, tiba-tiba saja masuk memenuhi rumah. Padahal waktu itu, anaknya yang masih bayi tengah tidur diayunan.

"Saya panik dan langsung lari keluar rumah dan untung saja bapak-bapak dari BPBD kebetulan juga ada disitu memantau keadaan. Lalu menolong saya dan membawa saya beserta kedua anak saya ke tempat yang tidak ada asap. Padahal waktu itu suami saya kebetulan tidak ada dirumah," kata Martini.

Guna menghidari munculnya dampak yang kurang bagi kesehatannya dan keluarganya, untuk sementara Martini dan keluarga terpaksa pindah ke rumah saudara mereka yang rumahnya lebih aman dari kebakaran lahan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral