Banjir melanda Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.
Sumber :
  • Muhammad Tahir

Banjir Melanda Malinau, Babinsa Himbau Warga Terus Waspada

Sabtu, 23 September 2023 - 10:40 WIB

Malinau, tvOnenews.com - Hujan deras terus menerus melanda hulu sungai di Malinau, Kalimantan Utara dalam dua hari terakhir membuat sungai meluap, lima kecamatan pun mengalami banjir, Sabtu (23/9/2023).

“Ini merupakan banjir besar yang melanda Kabupaten Malinau sejak Tahun 2000, 85 persen wilayah di Malinau terendam dengan total 5 Kecamatan," ujar Ketua Reawan Peduli Bencana (RMPB), Anwar.

Anwar mengatakan banjir ini adalah kiriman dari pedalaman sungai di Malinau akibat curah hujan yang mulai terjadi dengan entisitas tinggi di hulu sungai.

"Ketinggian air bervariasi mulai dari 1.5 meter hingga 2 meter, bahkan di wilayah pedalam diperkirakan mencapai lebih dari tiga meter, sehingga hanya terlihat atap-atap rumah," katanya

Tampak banjir dengan ketinggian 3 meter dan telah mencapai atap rumah warga di Kabupaten Malinau, Kalimantan utara, Sabtu (23/9/2023).

Sementara itu, Babinsa Desa Malinau Kota menghimbau warga untuk waspada karena debit air semakin tinggi, jika tidak memungkinkan lagi warga agar mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“Ketinggian air semakin meningkat, sehingga warga harus tetap barhati-hati, jika semakin naik lagi, supaya menyelamatkan diri dengan mencari lokasi yang tinggi,"  tutup Susanto. (thr/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral