Bupati Nunukan memantau lokasi 11 kecamatan yang terendam banjir, Selasa (26/9/2023).
Sumber :
  • Zulkifli Guntur

Banjir Masih Bertahan di Dua Kecamatan, Ribuan Jiwa Terdampak di 11 Kecamatan

Selasa, 26 September 2023 - 18:16 WIB

Nunukan, tvOnenews.com - Banjir yang merendam 11 kecamatan di Nunukan, Kalimantan Utara saat ini mulai surut. Namun dari 11 kecamatan terdapat dua kecamatan yakni Kecamatan Sembakung dan Kecamatan Sembakung Atulai yang masih terdampak banjir.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid usai mengunjungi korban banjir menyebut bahwa ketinggian air hingga Senin (25/9/2023) sore khususnya  di Kecamatan Sembakung terpantau mulai berangsur surut sekitar 20 centimeter. Namun demikian sebagian besar desa masih terendam banjir.

"Wilayah yang sudah mulai berangsur surut dan normal seperti di Kecamatan Lumbis, personil gabungan BPBD, TNI, Polri dan relawan mulai melakukan pemulihan dan pembersihan fasilitas umum, pemerintahan, fasilitas ibadah dan sekolah dari material lumpur akibat banjir yang terjadi," ungkap Bupati Nunukan.

Dampak dari banjir total warga terdampak di 11 kecamatan mencapai lebih dari 3.000 kepala keluarga. Terbanyak berada di Kecamatan Sembakung sebanyak 1.282 KK dengan 4.359 jiwa.

Pemerintah Daerah melalui BPBD Kabupaten Nunukan bersama TNI-Polri, Kecamatan, desa dan relawan terus berupaya melakukan penanganan darurat bencana banjir. Seperti, membuka dapur umum dan menyediakan makanan bagi pengungsi. Sementara tim gabungan dari Dinas Kesehatan Nunukan bertugas memberikan pelayanan kesehatan bagi pengungsi dan warga terdampak banjir .

"Dinas PUPR Kalimantan Utara sore kemarin juga sudah memberikan dukungan dengan memasang toilet darurat sebanyak 3 unit di lokasi sekitar tempat pengungsian di Kecamatan Sembakung. Hingga saat ini tercatat masih ada 102 KK yang mengungsi di tenda pengungsian darurat yang disediakan di Kecamatan Sembakung," jelasnya.

Sejumlah bantuan untuk korban banjir dari berbagai pihak berupa bahan makanan pokok, makanan siap saji, selimut, matras, terpal dan tenda, sudah mulai tersalurkan ke posko korban banjir. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:18
14:22
10:10
05:38
05:41
Viral