Personil Gabungan berfoto bersama masyarakat yang berhasil di evakuasi dari ancaman KST di Yahokimo Papua , Rabu (18/10/2023).
Sumber :
  • desius termas

Tim Gabungan TNI Evakuasi 21 Masyarakat Dari Pembantaian KST Papua

Rabu, 18 Oktober 2023 - 19:38 WIB

Yahukimo, tvOnenews.com - Pasca tindakan kriminal yang dilakukan Kelompok Separatis Teroris Papua di Yahokimo, Tim Gabungan dari satgas Yonif 7 Marinir, yang dipimpin Mayor Mar Hariono, dan Kodim 1715/YHK, di bawah kendali Dansatgas Yonmar 7 Letkol Mar Alex Zulkarnaen, melakukan pengejaran dan penyisiran dan mengevakuasi 21 warga masyarakat yang ada di Kali Ei Kab Yahukimo Provinsi Papua Pegunungan pada Rabu (18/10/2023).  

Menurut Kaskogabwilham III Marsma Deni Simanjuntak, menyebut bahwa pasca kejadian pembantaian oleh KST tersebut, Personel gabungan yang dipimpin Mayor Mar Hariono, baik dari unsur TNI dan jajaran Polri langsung berangkat menuju wilayah Kali Ei untuk memastikan keberadaan masyarakat yang menyelamatkan diri dari pembantaian KST tersebut. 

"Tim gabungan TNI juga berhasil memantau pergerakan KST, terpantau kurang lebih 20 orang KST Papua dengan membawa 5 pucuk senjata, 2 senjata organik jenis Sniper dan SS1 serta 3 pucuk senjata rakitan, mereka bergerak menjauh menuju ke arah ketinggian/gunung," terangnya. .

Marsma Deni Simanjuntak menambahkan Tim Gabungan TNI-Polri terus bergerak untuk melaksanakan pengejaran ke arah pemunculan KST Papua, namun KST terus bergerak semakin menjauh menuju ke arah ketinggian.

“Hasil penyisiran yang dilakukan, Tim Gabungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi 21 orang masyarakat yg ketakutan  yang berhasil meloloskan diri pada kejadian pembantaian oleh KST Papua pada tanggal 16 Oktober 2023 lalu,” ujar Kaskogabwilhan III.

Warga yang selamat dari pembantaian KST tersebut masih trauma dengan kejadian peristiwa pembantaian beberapa rekan mereka yang tewas di tangan KST. 

Sebelumnya pada Senin (16/10/2023) lalu, sekitar 30 orang KST Papua menyerang area penambangan emas illegal yang ada di Kali Ei Kampung Mosom Duba, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral