Bupati Kotim, Halikinnor, bersama Wabup Irawati, saat menerima kunjungan kerja rombongan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, di rumah jabatan Bupati..
Sumber :
  • Humas Kab. Kotawaringin Timur

Pemkab Kotim Berupaya Ekspor Sendiri Hasil Sawit Untuk Mengejar Kenaikan DBH

Selasa, 31 Oktober 2023 - 13:11 WIB

Kotawaringin Timur, tvOnenews - Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, akan berupa untuk melakukan ekspor sendiri hasil perkebunan sawit diwilayahnya, agar pengembalian Dana Bagi Hasil (DBH) ke Kotim bisa maksimal.

"Kenapa dana bagi hasil dari sawit yang saya perjuangkan, memang sudah berhasil mendapat Rp 46 miliar. Tetapi itu bisa lebih besar lagi karena itu dihitung dari ekspor sementara Kotim tidak mengekspor," kata Bupati Halikinnor, Senin (30/10/2023)

Rencana ekspor sendiri hasil sawit ini diungkapkan Bupati Halikinnor, saat menerima kunjungan kerja rombongan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Asisten Bea Cukai Tipe C (KPPBC TMPC) Sampit di Rumah Jabatan Bupati.

Menurutnya pula, Bea Cukai Sampit sebagai perwakilan Kementerian keuangan wilayah Kotim, Katingan dan Seruyan berperan memungut sekaligus mengawasi makanan, minuman dan hasil bumi menyampaikan potensi ekspor hasil sawit.

Selama ini, hasil sawit atau CPO dari Kotim hanya dikirim ke Batam, Dumai, Lampung dan Sumatera Utara. Karena perusahaan perkebunan di daerah ini mayoritas induknya di Sumatera.

"Sehingga kita rugi, justru yang mengekspor Lampung, Batam, Dumai, dan Sumatera Utara. Akhirnya bagi hasilnya mereka yang paling besar," ujar Halikin. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:22
01:41
28:24
01:29
03:20
01:09
Viral