Penyaluran Dana Bantuan Pena di Kabupaten Sumbawa.
Sumber :
  • Irwansyah

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemkab Sumbawa Berikan Dana Bantuan Pena

Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:17 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa, melalui kerjasama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, telah sukses menyalurkan bantuan program Pena (Peningkatan Pendapatan) kepada masyarakat setempat. Penyerahan bantuan dilakukan oleh I Nengah Suparta Putra, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Sumbawa, dengan total dana sebesar Rp 210 juta.

"Bantuan Pena ini ditujukan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di beberapa kelurahan, termasuk Barang Biji, Kelurahan Lempeh, dan Uma Sima. Program ini diharapkan akan membantu masyarakat menjadi lebih mandiri secara finansial," ujar Kabid Limjamsos, Dinas Sosial, Kabupaten Sumbawa, Syarifah, Selasa (31/10/2023).

Ia menyampaikan bahwa dari 49 calon penerima, sebanyak 7 di antaranya tidak lolos seleksi di lapangan, sehingga 42 orang dinyatakan lulus berdasarkan verifikasi. 

"Program ini bukan hanya ditujukan untuk Kecamatan Sumbawa saja, tetapi juga untuk meratakan manfaatnya di seluruh Kabupaten Sumbawa nantinya," kata Syarifah. 

Dalam regulasi pembelanjaan dana bantuan Pena, petugas dari Dinas Sosial akan mendampingi prosesnya. Bantuan ini akan dikelola sesuai dengan usulan proposal dan diharapkan memberikan manfaat yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat.

"Pertanggungjawaban akan dilakukan melalui Surat Pertanggungjawaban (SPJ) agar program ini berjalan sesuai dengan rencana," ungkapnya. 

Ikhsanuddin Hartant dari Pemberdayaan Sosial Kemensos, menggaris bawahi pentingnya peningkatan pendapatan masyarakat. Program tahap kedua ini bertujuan memberikan bantuan langsung kepada penerima manfaat tanpa ada pemotongan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral