Upacara pembukaan kegiatan Patroli Terkoordinasi Seri II TA. 2023 di wilayah perbatasan darat RI-Malaysia,Sei Manggaris..
Sumber :
  • zulkifli Guntur

Cegah Kegiatan Ilegal di Perbatasan, Pasukan Pengaman Perbatasan Darat RI-Malaysia Lakukan Patkor

Rabu, 8 November 2023 - 16:09 WIB

Nunukan, tvOnenews.com - Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Arhanud 8/MBC bersama Pasukan Batalyon 22 RAMD Malaysia melaksanakan Patroli Terkoordinasi (Patkor) Seri II TA. 2023 di wilayah perbatasan darat RI-Malaysia tepatnya wilayah Sei Manggaris, Kalimantan Utara (08/11/23).

Pada upacara pembukaan kegiatan Patkor tersebut, inspektur upacara, Dansatgas Pamtas Yonarhanud 8/MBC , Letkol Arh Iwan Hermaya bersama Letkol Zain Azrain Bin H Karia Danyon 22 RAMD .

Kegiatan Patkor ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun oleh Satuan TNI AD dan TDM yang bertugas sebagai Pasukan Pengaman Perbatasan Darat RI-Malaysia. 

Risalah Unit Commander Meeting (UCM) yang dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2023 di Markas 5 Briged Kota Kinabalu, Sabah. 

Selain untuk mengetahui dan memeriksa batas-batas wilayah yaitu patok batas kedua Negara, juga merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas prajurit, serta untuk mempererat jalinan persahabatan dan kerjasama antar kedua belah pihak," 

Selanjutnya, disampaikan Inspektur Upacara bahwa kegiatan Patkor ini juga dapat memberikan manfaat bagi kedua Negara di wilayah yurisdiksi masing-masing dalam upaya melakukan pencegahan terhadap kegiatan illegal seperti, illegal logging, illegal mining, human trafficking, pelintas batas illegal serta penyalahgunaan dan penyelundupan narkoba maupun barang illegal lainnya.

Sesuai rencana, kegiatan Patkor ini dilaksanakan selama sembilan hari dengan start dari Pos Gabma Sei manggaris Indonesia dan Finish di Pos Serudong Malaysia, juga akan diakhiri dengan olahraga Bersama dan karya bhakti. (zgr/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral