Yayasan Plan Indonesia bersama Pemda Sumbawa, NTB, menyelenggarakan workshop.
Sumber :
  • Irwansyah

Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemda Sumbawa dan Plan Indonesia Mendorong Keterlibatan Laki-laki

Jumat, 17 November 2023 - 13:56 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com –  Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Plan Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, dengan tujuan utama mendukung peningkatan kapasitas dan keterlibatan laki-laki dalam upaya kesetaraan gender.

"Peningkatan peran perempuan, integrasi perspektif gender, dan penguatan kelembagaan pengarusutamaan gender penting untuk terus didorong," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro,  Kamis (16/11/2023)

Sementara Agus Rahmat Hidayat, dari Gerakan Ayah ASI Indonesia menyoroti stigma patriarki sebagai tantangan utama bagi kesetaraan gender. 

"Perempuan perlu dukungan kuat dari laki-laki di sekitarnya, baik dewasa maupun anak-anak," tambah Agus.di workshop yang bertajuk "Keterlibatan Laki-Laki dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender di Bidang Pengelolaan Air, Sanitasi, dan Kebersihan”.

Dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, Plan Indonesia telah menginisiasi program Water for Women (WfW) sejak 2018. 

Herbet Barimbing, Manajer Program Pencegahan Masalah Tumbuh Kembang Anak, menjelaskan bahwa program ini fokus pada keterlibatan laki-laki dalam pengelolaan air dan sanitasi untuk menciptakan kesetaraan gender dari tingkat rumah tangga.

Menurut Gender Wash Monitoring III tahun 2021, kepemimpinan perempuan dalam kegiatan terkait WASH di Sumbawa mencapai 45%, menunjukkan progres yang memerlukan konsistensi dan waktu. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:11
09:23
08:52
01:36
04:20
04:02
Viral