Warga membuka paksa portal salah satu perusahaan sawit di Kecamatan Menyata Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur , Kamis (7/12/2023).
Sumber :
  • didi syahwani

Ratusan Masyarakat Lakukan Aksi Panen Massal Di Perkebunan Sawit Milik PT. AKPL

Kamis, 7 Desember 2023 - 16:47 WIB

Kotawaringin Timur, tvOnenews.com - Ratusan warga dari berbagai desa di Kecamatan Menyata Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, melakukan panen massal areal perkebunan kelapa sawit milik PT. Agro Karya Prima Lestari (AKPL), Kamis (7/12/2023).

Dalam beberapa video amatir yang beredar di media sosial terlihat ratusan masyarakat tersebut memaksa masuk areal perkebunan dengan cara mendorong-dorong portal di pos jaga perusahaan.Terlihat pula dalam video tersebut, aparat kepolisian yang ada disana hanya diam membiarkan saja aksi tersebut terjadi, karena mereka mungkin kalah jumlah dengan warga yang ikut dalam aksi panen massal tersebut.

Pada sebuah berita acara yang juga beredar di media sosial bahwa tuntutan masyarakat setidaknya terdapat beberapa poin, diantaranya yakni warga meminta lahan di kanan dan kiri bekas milik perusahaan kayu PT. Sarpatim diberikan kepada warga. 

Warga juga menuntut realisasi plasma 20 persen untuk warga Kuala Kuayan, serta perbaikan dan pemeliharaan jalan eks Sarpatim dari Kilometer 28 sampai dengan Kuala Kuayan dan realisasi CSR tepat sasaran. 

Berita acara itu juga ditandatangani pada Senin 4 Desember 2023 oleh Kapolres Kotim, Camat Mentaya Hulu, Kapolsek, Damang, Ketua DAD setempat, Lurah, pimpinan perusahaan dan sejumlah Ketua RT. 

"Kabarnya ratusan pikap untuk mengangkut TBS kemarin sempat masuk ke areal kebun, namun banyak juga diantara mereka merupakan warga luar. Seperti mereka itu warga Seruyan," kata warga Kuala Kuayan bernama Ilus.

Sementara itu Kapolres Kotim, AKBP Sarpani, tidak memberikan jawaban saat ditanya masalah ini melalui pesan whattsap di ponsel miliknya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral