Agrowisata Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sukamara, Kalimantan Tengah.
Sumber :
  • Jamberi

Unik, Agrowisata di Lapas Sukamara Jadi Wadah Edukasi Anak-anak

Minggu, 30 Januari 2022 - 08:02 WIB

Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah - Dipilih sebagai wadah edukasi pengenalan akan ragam tanaman dan tumbuh-tumbuhan, Agrowisata Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sukamara, Kalimantan Tengah, menjadi tujuan wisata banyak pelajar sekolah.

Salah satunya adalah kunjungan puluhan murid Taman Kanak-kanak (TK) Raudhatul Athfal Perwanida Sukamara yang sangat antusias mengikuti kegiatan belajar lapangan di lokasi Agrowisata yang ada di Lapas Sukamara, Minggu (30/01/2022).

Saat memasuki kawasan Agrowisata Lapas Sukamara anak-anak dikenalkan dengan bermacam jenis tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan seperti kedondong, belimbing, jambu, jeruk, kelengkeng, sirsak,  alpukat, srikaya, matoa, pisang dan pepaya. Anak-anak didik juga diberikan pengenalan tentang macam-macam jenis sayur-sayuran seperti sawi, cabai, terong, labu, jagung, dan timun.

Pada kegiatan selanjutnya anak-anak didik diberikan kesempatan untuk melakukan panen sayur timun secara langsung dan dilanjutkan dengan praktek cara bercocok tanam yang bertujuan memberikan pemahaman kepada anak-anak didik usia dini tentang proses pertumbuhan suatu tanaman sehingga dapat menghasilkan sayuran yang sehat.

Saat dimintai keterangan Kepala Subseksi Pembinaan, Zulkifli menyampaikan dukungan dan apresiasi kepada pihak sekolah yang begitu peduli terhadap masa kembang anak-anak di usia dini untuk memiliki pengetahuan yang luas khususnya pengenalan jenis tanaman dan cara berkebun.

"Bahwa kegiatan kunjungan TK. Raudhatul Athfal Perwanida bertujuan untuk mengenalkan jenis tanaman dan cara bercocok tanam kepada anak-anak didik. Itu sesuatu yang sangat bagus menurut kami dimana sejak usia dini anak-anak sudah mengenal cara bercocok tanam dan Alhamdulillah itu bagus untuk mereka kelak melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih baik," tutur Zulkifli.

Ditempat sama, Kepala Sekolah TK. Raudhatul Athfal Perwanida, Evi Wahyuni mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Lapas Sukamara yang telah membuka tempat untuk mereka dapat melaksanakan sekolah lapangan sesuai dengan tema sekolah yaitu pengenalan akan jenis-jenis tanaman.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
01:37
Viral