Anak-anak di Sikka naik perahu untuk ke sekolah.
Sumber :
  • Tovik Koban

Perjuangan Anak-Anak di Daerah Minim Fasilitas untuk ke Sekolah, Naik Perahu Melintasi Lautan Sikka

Senin, 14 Februari 2022 - 08:15 WIB

Sikka, Nusa Tenggara Timur - Demi mengenyam Pendidikan tingkat SMP, perjuangan berat harus dihadapi belasan generasi muda di Kampung Nebura, Desa Koja Gete yang berada di wilayah kepulauan Pulau Besar, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Betapa tidak, setiap hari anak-anak yang kini belajar di MTS Muhammadiyah Pulau Perumaan, Desa Perumaaan ini, harus bertaruh nyawa melintasi lautan selama satu jam dengan menggunakan perahu motor untuk bisa menimba ilmu.

"Setiap hari, anak-anak kami harus bertaruh nyawa melintas lautan dengan perahu motor, agar bisa menikmati pentingnya pendidikan menengah. Karena memang kami di wilayah kepulauan masih sangat kekurangan fasilitas pendidikan," kata Yumandil Ahwan, warga Desa Koja Gete kepada tvonenews.com, Senin (14/2/2022) pagi. 

Menurut Ahwan, kondisi ini terjadi lantaran minimnya fasilitas pendidikan menengah pertama di wilayah kepulauan. Dari empat pulau yang ada di wilayah Kecamatan Alok Timur  hanya ada 1 gedung sekolah SMP Negeri Koja Doi dan MTS Muhamadiyah di Pulau Perumaan. 

"Kondisi ini sudah berlangsung sejak lama. Dan jika musim cara buruk disertai gelombang besar, maka anak-anak terpaksa tidak bisa belajar di sekolah," ungkap Ahwan. 
 
Ahwan berharap, pemerintah kabupaten bisa memberikan perhatian bagi warga kepulauan terutama dalam dunia pendidikan agar generasi muda bisa mengenyam pendidikan dengan baik. (Tovik Koban/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
02:55
Viral