Api hanguskan rumah dan bangunan sarang burung walet.
Sumber :
  • Jamberi

Rumah dan Bangunan Sarang Walet di Kotawaringin Barat Terbakar, Ratusan Juta Hangus

Jumat, 8 April 2022 - 12:23 WIB

Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah - Sedikitnya satu rumah dan sebuah bangunan sarang burung walet di Jalan Naun silih RT 04 Kelurahan pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah ludes terbakar. 

"Kebakaran di Kelurahan Pangkut itu terjadi pada Jumat (8/4/2022) pukul 07.00 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni.

Peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 07:25 WIB. Ketika itu salah satu personel regu II TRC-BPBD KOBAR mendapatkan laporan melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi telah terjadi kebakaran di Jalan Naun Silih RT 04 Kelurahan Pangkut. 

Setelah mendapatkan informasi, petugas langsung berkoordinasi dengan pimpinan dan Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi menghubungi PT ASTRA Simp/PBNA untuk menurunkan mobil pemadam kebakaran/Tangki Supply untuk penanganan berhubung jarak antara BPBD ke lokasi cukup jauh dan menggunakan waktu terlalu lama 

Kendalanya lanjut Syahruni, jauh dari sumber air, tidak adanya mobil pemadam kebakaran di kecamatan atau kelurahan, jarak mobil pemadam kebakaran dari perusahaan ke peemukiman juga sangat jauh. 

"Baru pada pukul 08.30 WIB, mobil tangki PT ASTRA tiba di lokasi kejadian dan langsung dilakukan pemadaman dan pendinginan. Pukul 09.00 WIB, Personil selesai penanganan, dan alhamdulillah api berhasil dipadamkan," ujar Syahruni.

Akibat kebakaran itu, satu rumah dan gedung burung walet bermaterial beton dan kayu kondisi rusak berat, kerugian diperkirakan mencapai Rp 500.000.000. (jamberi/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral