Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat Sti Nenotek.
Sumber :
  • (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Manggarai Barat NTT Berpotensi Cuaca Ekstrem, BMKG: Warga Kuwus dan Ndoso Waspada

Kamis, 12 Mei 2022 - 09:38 WIB

Labuan Bajo - BMKG Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat memberikan peringatan dini waspada potensi cuaca ekstrem bagi warga Kecamatan Ndoso dan Kuwus di Manggarai Barat, NTT, sepekan ke depan.

"Kecamatan Ndoso dan Kuwus waspada cuaca ekstrem hingga 16 Mei 2022 mendatang," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat Sti Nenotek di Labuan Bajo, Kamis (12/5/2022).

Selain dua kecamatan itu, ada tujuh kecamatan lain yang berpotensi cuaca ekstrem pada tanggal 14-16 Mei 2022. Tujuh kecamatan itu yakni Kecamatan Macang Pacar, Pacar, Welak, Kuwus Barat, Boleng, Komodo, dan Mbeliling. Hal tersebut telah dia sampaikan juga secara mendetail dalam Prospek Cuaca Satu Minggu ke depan untuk wilayah Manggarai Barat per 10 Mei 2022.

Dalam prospek cuaca itu, Sti mengatakan kecamatan yang telah disebutkan berpotensi mengalami hujan ringan, sedang, hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. Namun, warga juga perlu mewaspadai puting beliung, sambaran petir, pohon tumbang, dan baliho roboh.

Informasi cuaca ini, kata Sti telah dikeluarkan secara resmi oleh BMKG untuk diketahui masyarakat luas. Dengan demikian, warga bisa lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas, baik di dalam maupun di dalam rumah.

Selain informasi cuaca harian, BMKG Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat juga aktif memberikan informasi terkait cuaca wisata. Hal itu untuk memudahkan warga maupun pengunjung yang hendak berwisata ke beberapa tempat wisata di Manggarai Barat.

Sti kembali mengimbau warga untuk berhati-hati jika hendak bepergian ke luar rumah. Dia berharap warga hanya mempercayai informasi cuaca yang telah dikeluarkan oleh BMKG melalui laman resmi.

"Jangan termakan berita hoaks terkait cuaca ekstrem. Segala informasi cuaca hanya dikeluarkan oleh BMKG," dia menegaskan. (ant/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:58
01:43
04:43
01:04
02:18
03:32
Viral