Petugas BKSDA pos jaga Sampit saat mengevakuasi seekor buaya di wilayah Samuda beberapa waktu lalu..
Sumber :
  • Tim Tvone-Didi

Warga Desa Ramban Heboh, 6 Ekor Buaya Dikabarkan Muncul di Sungai Sampit

Selasa, 24 Mei 2022 - 10:11 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Warga Desa Bagendang Tengah Ramban, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), pada Senin (23/5/2022) malam dihebohkan dengan penampakan buaya yang jumlahnya diperkirakan ada 6 ekor, di Sungai Sampit yang melintasi desa mereka.

"Jumlahnya mungkin ada sekitar 6 ekor, 2 ekor muncul di hilir kampung, sedangkan yang lainnya dilihat warga ada di sekitar lanting-lanting warga," ungkap Sugianto Sapran, Ketua RT setempat via telepon, Selasa (24/5/2022).

Akibat kemunculan buaya yang jumlahnya cukup banyak ini, sambung Sugianto, warganya menjadi resah. Apalagi selama ini masih banyak warga yang beraktivitas, terutama MCK, di sungai Sampit tersebut.

Diakuinya, penampakan buaya di desanya, sebenarnya bukan persoalan baru. Selama ini sesekali warga memang ada melihat reftil buas tersebut. Tapi untuk jumlah sebanyak tadi malam, baru kali ini terjadi.

"Laporan warga ke saya kemunculan buaya-buaya itu waktunya hampir bersamaan, karena itu keyakinan kami semua di sini. Itu artinya jumlah buaya itu memang banyak, yang laporan saja ada 6 ekor yang terlihat," ucapnya.

Sugianto berharap, masalah ini hendaknya bisa segera disikapi oleh instansi terkait, khususnya BKSDA. Apalagi sekarang ini sudah ada warganya yang menjadi korban akibat disambar buaya.

Dikhawatirkannya, jika tidak segera ditangani, warga mungkin bisa saja mengambil langkah sendiri terhadap buaya-buaya tersebut, yakni memburu atau membunuhnya, karena warga merasa hidup mereka terancam. Padahal kita tahu jika binatang tersebut merupakan binatang dilindungi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral