Jenazah Ignasius Ile (26) dievakuasi dari Lapas Maumere, Selasa Malam (07/06/2022).
Sumber :
  • Tovik Koban

Terima Ancaman dari Seseorang, Napi Lapas Maumere Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Rabu, 8 Juni 2022 - 01:21 WIB

Sikka, Nusa Tenggara Timur - Ignasius Ile (26), seorang warga binaan Lembaga Permasyarakatan Kelas Dua B Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, meninggal dunia usai melakukan upaya bunuh diri dengan cara gantung diri di kamar mandi sel Nomor 6 Blok A.

"Penemuan korban melakukan upaya bunuh diri ini pertama kali oleh rekan satu kamar korban, saat hendak ke kamar mandi untuk buang air kecil," Kata Antonius Semuki, Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIB Maumere kepada tvonenews.com, Selasa (07/6/2022) malam. Usai ditemukan dalam kondisi gantung diri, lanjut Antonius, rekan korban pun langsung melaporkan  kepada petugas. Selanjutnya korban dilarikan ke rumah sakit umum TC Hillers untuk mendapatkan pertolongan karena kondisi korban masih bernafas.

"Saat tiba di rumah sakit, pihak dokter mengatakan korban sudah meninggal dunia dan diduga meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit" papar Antonius. Menurut Antonius, sebelum kejadian, korban sempat mengeluh bahwa kepalanya sering sakit. Selanjutnya, korban juga sampaikan bahwa selama berada di lapas ada orang yang mau membunuhnya.

"Selama satu tahun ini, korban menyampaikan kepada teman-temannya di lapas bahwa ada orang yang mau membunuhnya. Tadi pagi juga korban sempat pamit kepada teman-temannya bahwa ia mau pergi" ujarnya. Dijelaskan Antonius, merupakan tahanan dalam kasus persetubuhan dengan anak dibawah umur dan mendapatkan hukuman sembilan tahun enam bulan penjara dan sudah menjalani masa tahanan selama tiga tahun lebih.

 "Korban selama menjalani masa tahanan dikenal sangat rajin namun juga sangat tertutup kepada teman-teman lain. Dan siang tadi sekitar pukul 14.30 seluruh warga binaan mengikuti pembinaan rohani. Namun saat petugas kita meminta korban untuk mengikuti pembinaan rohani, korban pun meminta petugas untuk pergi duluan mengikuti kegiatan pembinaan rohani," tutup Antonius. ( OFK / MTR )

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral