Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pontianak mengalami peningkatan yang cukup pesat dengan adanya dukungan dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM)..
Sumber :
  • tim tvOne - Tut Wuri Handayani

Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah di Pontianak Mengalami Peningkatan

Jumat, 10 Juni 2022 - 11:59 WIB

Pontianak, Kalimantan Barat - Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pontianak mengalami peningkatan yang cukup pesat dengan adanya dukungan dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

"Adanya dukungan permodalan serta pendampingan yang diberikan oleh PNM dapat mendorong UMKM untuk lebih maju dan naik kelas, berawal dari yang ultra mikro menjadi mikro, kecil hingga menengah bahkan bisa menjadi lebih besar," ujar Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono usai membuka Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) PT PNM di Taman Alun Kapuas, Kota Pontianak, Kamis ( 9/6/2022).

"Kehadiran PNM sangat berperan, baik dari segi pembiayaan serta pembinaan- pembinaan yang diberikan untuk pertumbuhan pelaku UMKM dan ultra mikro di Kota Pontianak yang jumlahnya saat ini sudah mencapai sebanyak 38 ribu," ucap Edi Rusdi Kamtono.

Menurut Edi Rusdi Kamtono, hal yang terpenting adalah bagaimana keberlangsungan usaha itu bisa terus berkembang dan pemasaran produk menjadi bagian terpenting dalam pengembangan UMKM, baik dalam pemasaran secara langsung maupun melalui online.

"Dan untuk dapat bersaing dengan produk- produk lainya, perlu adanya kerjasama dengan retail-retail modern," terangnya.

"Saat ini, sebanyak 80 pelaku usaha ultra mikro telah menerima bantuan permodalan, mulai dari nominal pembiayaan kisaran Rp 2 juta, hingga maksimal Rp 19 juta bagi yang naik kelas dari ultra mikro ke mikro," kata Pemimpin Cabang PT PNM Pontianak, Cipta Tarwono menjelaskan. (twh/mg4/chm).

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:09
03:03
02:36
08:00
01:49
09:04
Viral