Ahmad Zaid Firdaus beserta ibundanya, saat menerima bonus dari Camat Mentawa Baru Ketapang, Eddy Hidayat, atas prestasinya meraih medali emas saat mengikuti Porkab Kotim 2022..
Sumber :
  • Didi Syachwani

Piawai Bermain Catur, Pelajar SMP di Sampit Ini Setiap Tahun Dapat Beasiswa Dari Pemerintah

Kamis, 16 Juni 2022 - 10:00 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Berkat keahliannya memainkan bidak catur, seorang pelajar SMP di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), bernama Ahmad Zaid Firdaus (14), bisa merasakan manfaatnya yakni selalu mendapatkan beasiswa atas berbagai prestasi disejumlah kejuaraan catur yang diikutinya.

"Alhamdulillah, urusan masuk sekolah selalu dipermudah. Saya juga setiap tahunnya mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah," kata Zaid, nama panggilannya, menceritakan keuntungan yang berhasil didapat berkat keahliannya bermain catur, di kediamannya, Rabu (15/6/2022).

Putra pasangan H. Arbit Safari dan Asyuriah, yang duduk di VIII SMPN 4 Sampit ini mengaku telah mengikuti sejumlah kejuaraan catur mulai tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, bahkan hingga nasional. Dan hampir semua kejuaran yang diikutinya ia berhasil lolos ke final dan mendapatkan juara.

Zaid menjadi atlet catur sejak kelas I Sekolah Dasar (SD). Tapi, baru kelas III SD ia dapat meriah juara di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov). Di turneman tersebut, ia meraih juara hingga kelas V SD.

"Bahkan pada kelas III dan IV SD, pada tahun 2016 dan 2017, dirinya mewakili Kalteng di Kejurnas Catur," ucapnya bangga.

Sementara, menurut ibunda Zaid, Asykuriah, semua medali dan piagam yang didapatkan putranya usai mengikuti turnamen sangatlah berharga. Dan kejuaraan tingkat daerah yang terakhir diikutinya yaitu Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kotim Cabor Catur 2022, dimana Zaid berhasil meraih medali emas, untuk katagori perorangan.

Selaku orangtua, dirinya juga mengaku, tidak pernah menargetkan juara ataupun menghitung hadiah yang akan diterima. Karena mereka hanya ingin mengarahkan agar anaknya memiliki hobi yang bernilai positif dan dapat bersenang-senang olahraganya tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral