Kepala Dinas Pertanian Kotim, Ir. Sepnita, memberikan keterangan pers..
Sumber :
  • Tim tvone-Didi Syachwani

Jelang Lebaran Qurban, Pemkab Pastikan Stok Hewan Qurban Di Kotim Bebas PMK

Selasa, 28 Juni 2022 - 09:27 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Jelang hari raya Idul Adha 2022, Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) memastikan stok hewan qurban sudah aman atau mencukupi. Warga pun juga diminta untuk tidak perlu khawatir dengan kondisi kesehatan hewan qurban, sebab Pemkab melalui dinas pertanian terus melakukan pemantauan di semua tempat-tempat perdagangan hewan qurban.

"Stok hewan qurban aman, kebutuhan warga Kotim saat lebaran qurban nanti kami pastikan bisa terpenuhi. Kami juga pastikan kondisinya sehat, bebas PMK," tegas Kepala Dinas Pertanian, Sepnita, Selasa (28/6/2022).

Menurut Sepnita, jika berpatokan dengan kebutuhan hewan qurban saat lebaran Idul Adha tahun lalu, jumlah sapi yang digunakan untuk qurban serta kebutuhan lebaran, jumlahnya ada sebanyak 700 ekor, dan sebagian besar memang merupakan jenis sapi Madura.

Untuk tahun ini, jumlah sebanyak itu sudah tersedia, tapi kali ini sebagian besar jenis sapi yang tersedia adalah jenis sapi Bali dan sulawesi, sebab untuk sapi Madura sementara ini memang tidak diperbolehkan masuk ke Kalteng.

Saat ini ada beberapa wilayah yang menjadi sumber sapi qurban bagi Kotim, yaitu Bali, Sulawesi dan NTT. Tapi prosedur masuknya selalu diawasi dengan ketat oleh petugas dinas pertanian, dan harus melalui prosedur karantina terlebih dulu, minimal 5 hari sebelum sapi-sapi tersebut dijual.

"Jika masih ada jenis sapi madura yang dijual pedagang hewan qurban, itu adalah stok lama milik pedagang yang didatangkan sebelum adanya wabah PMK. Sebagian lagi merupakan peliharaan peternak lokal," terang Sepnita.

Dan ditegaskannya sekali lagi, masyarakat tidak perlu khawatir atau ragu terhadap kesehatan sapi-sapi yang dijual pedagang saat ini, sebab kondisinya dipastikan sehat dan bebas dari PMK.(dsi/Ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral