Gerbang Kota Depok.
Sumber :
  • Istimewa

Fenomena Anak Depok Nongkrong di Jakarta, Pengamat Sosial M Fuad: Ini Kegagalan Wali Kota Membangun Kawasan Kreatif

Rabu, 6 Juli 2022 - 17:25 WIB

Jakarta - Fenomena berkumpulnya anak remaja asal Depok dan sekitarnya di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat dianggap sebagai lemahnya ruang kreativitas. Walikota Depok dinilai tidak serius membina anak muda. 

Pengamat Sosial, Mohamad Fuad mengatakan kreativitas anak muda nampaknya tidak tertampung ruang-ruang kreativitas di kota Depok. Anak muda, menurut Fuad kreativitas diluar kota Depok menjadi pandangan negatif. 

"Anak-anak muda lebih senang lebih memilih di luar Depok. Satu sisi ini memang merugikan kenapa karena memang bukan menjadi tuan rumah sendiri seharusnya apapun ceritanya kalau sudah di rumah sendiri itu enak kita mudah mengontrolnya," ujar Fuad kepada Tvonenews, Rabu (06/07/2022).

Fuad mengatakan pemerintah Depok dinilai tidak aspiratif terhadap anak muda. Bagi Fuad, pembangunan infrastruktur kota Depok yang pro anak muda membuat mereka akan lebih senang berada di kota sendiri.

"Infrastruktur itu tidak ditangani dengan baik. Sehingga akhirnya kemacetan ada di mana-mana kemudian ruang-ruang publik juga tidak ada yang pro ke anak muda," terangnya.

Pengajar Universitas Gunadarma ini mengatakan perencanaan daerah yang tidak aspiratif mengakibatkan indeks kebahagiaan tidak naik di Depok. 

"Di Depok ruang publik tidak dibangun secara massif sehingga angka indikator kebahagiaan tidak berjalan. Justru pembangunan kota Depok terlihat kumuh saat ini," terangnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:54
05:57
02:20
02:52
01:10
01:35
Viral