Para sopir truk angkutan barang di Kotim saat menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Kotim.
Sumber :
  • Didi Syachwani

Sulit Mendapatkan Solar, Ratusan Sopir Truk Angkutan Barang Demo Tuntut Cabut Subsidi Solar 

Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:27 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Ratusan sopir truk angkutan barang yang tergabung dalam organisasi Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Kalimantan Tengah, menggelar aksi demo di depan gedung DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Selasa (23/8/2022).

"Sudah belasan tahun kami tersiksa dengan keadaan ini, solar subsidi sulit sekali didapat. Selama ini kami terpaksa harus membeli solar eceran atau BBM jenis dexlite yang harganya jauh lebih mahal," ucap sekretaris ALFI Kalteng, Budi Haryono, yang memimpin aksi para sopir.

Untuk mendapatkan solar subsidi, lanjut Budi, mereka perlu perjuangan terlebih dahulu, bahkan tidak jarang mereka terpaksa harus menginap, bahkan hingga 2 hari di depan SPBU untuk antre.

Selain itu, mereka juga harus mengeluarkan dana lain yaitu membayar kepada sejumlah oknum preman yang menguasai SPBU, yang besarnya hingga Rp500 ribu untuk mendapatkan 80 liter solar.

"Solar subsidi di SPBU itu kebanyakan diborong oleh pelangsir, karena itu kami sering tidak kebagian. Mereka bekerja sama dengan oknum preman yang mengatur kendaraan masuk SPBU, sehingga bisa dapat giliran antrean di depan," seru pengunjuk rasa lainnya.

Sebagaimana yang diketahui, harga solar subsidi di SPBU adalah Rp5.150 per liter, tetapi di eceran harganya mencapai Rp15 ribu perliter. Sedangkan untuk jenis dexlite adalah Rp8.150 perliter.

"Disparitas harga yang sangat tinggi ini membuat oknum menjadi tertarik untuk memainkan solar subsidi. Hal ini diperparah dengan lemahnya pengawasan dari instansi yang berwenang," kata Budi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral