Petugas Kantor KSOP Kelas III Sampit, saat menemui operator kapal, untuk melakukan sosialisasi dan kempanye keselamatan pelayaran.
Sumber :
  • Didi Syachwani

Cuaca Berubah-ubah, Syahbandar Sampit Ingatkan Operator Kapal Selalu Waspada saat Berlayar

Rabu, 14 September 2022 - 08:37 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memberikan peringatan kepada para operator kapal, agar selalu waspada dengan perubahan kondisi cuaca di sekitar perairan DAS Sungai Mentaya, yang seringkali tiba-tiba turun hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang.

"Semua operator kapal selaku pelaksana pelayaran wajib untuk mengutamakan keselamatan pelayaran, selalu waspada dengan perubahan kondisi cuaca yang bisa berubah setiap saat," tegas Kepala KSOP Kelas III Sampit, Capt. Sidrotul Muntaha, Rabu (14/9/2022).

Menurut Muntaha, saat ini pihaknya bahkan langsung turun langsung menemui para nakhoda kapal dan jurumudi kelotok, untuk melakukan sosialisasi sekaligus memberikan imbauan tentang keselamatan pelayaran.

Beberapa tempat yang dijadikan lokasi kegiatan ini di antaranya dermaga penyeberangan Samuda, dermaga penyeberangan Sampit, dan beberapa dermaga umum di sekitar Kota Sampit.

"Kami juga menurunkan para crew kapal patroli KSOP Sampit untuk bergerak melakukan pemantauan lalu lintas air di Sungai Mentaya," sebut Muntaha.

Momen kampanye dan sosialisasi keselamatan pelayaran ini sekaligus sebagai rangkaian dari kegiatan KSOP Sampit, dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional, yang selalu diperingati oleh insan perhubungan setiap tanggal 17 September.

"Harapan kami, momen seperti ini bisa menumbuhkan kesadaran dari operator kapal, akan pentingnya keselamatan, keamanan dan ketertiban pelayaran," pungkas Muntaha. (dsi/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:00
09:04
01:41
02:02
01:18
01:54
Viral