Menko Airlangga Hartarto menyerahkan bantuan KUR kepada pedagang di Pasar Flamboyan Pontianak, Jumat (25/11/2022).
Sumber :
  • Tim Tvone-Tutwury

Airlangga : Inflansi Kalbar Stabil di Bawah Nasional

Jumat, 25 November 2022 - 15:13 WIB

Pontianak, Kalbar - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, menyebut inflasi Kalimantan Barat relatif stabil. Pernyataan itu disampaikannya usai memantau secara langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Flamboyan Pontianak, Jumat (25/11/2022).

“Harga komoditas bawang, minyak, ayam, beras, telur, relatif stabil. Kita melihat bahwa Kalbar relatif baik inflasinya," ujarnya.

Airlangga menyebut tingkat inflasi Kalbar sebesar 6 persen di atas nasional, yakni 5,71 persen yang terhitung dari bulan Oktober. Dirinya  berharap capaian tersebut bisa turun dengan ketersediaan pasokan yang aman.

"Walaupun sedikit di atas nasional, Kalbar ini kira-kira 6 persen. Saya berharap bisa terus diturunkan dengan ketersedian pasokan yang aman dan juga harga-harga yang terjangkau," tambahnya.

Tujuan kunjungan Airlangga ke Pasar Flamboyan itu dalam rangka akan mengadakan rapat dengan tim inflasi pusat bersama inflasi daerah termasuk Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua untuk upaya menjaga inflasi tetap terkendali.

Selain memantau harga pasar, pada kesempatan itu Airlangga juga menyerahkan bantuan dari program KUR 2022 dari Bank Kalbar, BSI, BRI, BNI hingga Bank Mandiri kepada para pedagang.

"Besaran bantuan kredit UMKM bervariasi mulai 30 juta sampai ada 40 juta rupiah. Kredit ini diberikan kepada berbagai pedagang kelontong juga pedagang sayur dan lainnya," paparnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral