Proses evakuasi korban penambang ilegal yang tertimbun di tambang emas ilegal Bulungan, Kaltara.
Sumber :
  • Tim tvOne/Muhammad Tahir

Dua Penambang Emas Ilegal di Kaltara Tertimbun Longsor, Oknum TNI Salah satunya

Kamis, 12 Januari 2023 - 11:50 WIB

Bulungan, tvOnenews.com - Dua penambang emas ilegal, salah satunya merupakan oknum TNI, berhasil dievakuasi sejak tertimbun di kedalam 26 meter pada Senin (9/1/2023). Tanah yang labil dan rawan longsor menyebabkan proses evakusi berjalan lambat di area tambang emas ilegal di Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 

“Awalnya pada senin lalu proses penambangan berlangsung aman, namun pada sore hari tanah longsor dan menimbun dua orang penambang. Sekitar 15 menit kejadian warga pun langsung berusaha akan mengevakuasi korban yang awalnya masih selamat, namun saat akan dievakuasi berlangsung, tanah kembali longsor. sehingga relawan dan penamambang pun meninggalkan lubang tambang agar tidak ikut terjebak,” jelas Uwa.

Korban yang terjebak di lubang tambang saat masih hidup, lanjutnya, namun kakinya terjebak sehingga terpaksa harus dipotong, kemudian tanah kembali longsor sehingga evakuasi kembali gagal. 

Setelah lebih dari dua hari tertimbun seluruh korban berhasil dievakuasi.

"Korban pertama yang berhasil dievakuasi adalah onkum TNI yang diperkirakan masih akan tertolong, Namun, setelah dibawa di puskesmas terdekat ternyata nyawanya tidak bisa diselamatkan. kedua baru mengangkat warga sipil yang telah lebih dulu tewas dilubang," tambahnya.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral