Sabun Susu kerbau (sasuke), produk dari Program Merdeka Universitas Teknologi Sumbawa.
Sumber :
  • Tim Tvone-Irwansyah

Ciptakan Produk Sabun Susu Kerbau, Program Merdeka UTS Manfaatkan Kearifan Lokal

Sabtu, 28 Januari 2023 - 10:34 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - Mungkin anda tidak asing dengan istilah 'Jasuke', kuliner singkatan dari jagung susu keju. Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa juga membuat istilah serupa namun merupakan produk sabun, yakni 'Sasuke' yang artinya Sabun Susu Kerbau. Salah satu output dari Program Merdeka (Promer) UTS adalah One Village One Product (OVOP) di mana mahasiswa memaksimalkan potensi desa untuk menciptakan sebuah produk yang bernilai bagi masyarakat. 

“Ini produk terbaru dari Program Merdeka UTS di Desa Batu Tering. Sasuke namanya, singkatan dari Sabun Susu Kerbau. Sasuke terbuat dari susu kerbau. Hewan mamalia ini memang jadi ciri khas bagi Sumbawa. Populasinya cukup banyak, namun tak sebanyak dahulu. Saya pernah mendengar bahkan kerbau sumbawa hingga dikirim ke luar daerah seperti Toraja dan diekspor ke Hongkong,” tutur Chairul, kepada tvonenews.com Rabu (28/01/2023).

Rektor UTS Chairul Hudaya bersama Wakil Bupati Sumbawa Dwi Noviany, Kadiskoperindag dan jajaran pemerintah desa wilayah kecamatan Moyo Hulu telah melaunching secara resmi produk unggulan Program Merdeka UTS Batu Tering tersebut.

Program Merdeka yang implementasinya dalam bentuk pengabdian di desa, merupakan kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengasah softskill, kemitraan dan kolaborasi lintas disiplin serta leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan. 

Lebih jauh, Rektor UTS menjelaskan bahwa ini kali kedua Promer UTS dilaksanakan di Batu Tering, dua kali pula dihasilkan produk kolaborasi yang inovatif. 

“Sebelumnya, Promer UTS di Batu Tering menghasilkan Minuman Herbal (Minhe) telah diluncurkan dan telah terbit sertifikasi halalnya," kata Chairul. 

Sasuke, lanjutnya, harus segera didaftarkan ke BPOM dan diuruskan sertifikat halalnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral