Rusli Gunawan Ketua PSMTI, Mimika.
Sumber :
  • Tim Tvone-Desius termas

Puncak perayaan Cap Go Meh akan Dirangkaikan Pelantikan Pengurus Thionghoa di Mimika

Kamis, 2 Februari 2023 - 13:08 WIB

Mimika, tvOnenews.com - Puncak perayaan Imlek (Cap Go Meh) dilangsungkan pada Sabtu (5/2/2023). Pada momen itu akan dilangsungkan pelantikan Pengurus Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Mimika di Graha Eme Neme Yauware.

“Jadi bukan perayaan Imlek hanya satu hari saja, tetapi ada rentetan perayaan sampai 15 hari. Yang istilahnya Cap Go Meh, yang nanti kita gelar pada 5 Februari ini,” ujar Rusli Gunawan Ketua PSMTI saat berada di ruang kerjanya di Jalan Yos Sudarso, Kamis(2/2/2023). 

Rusli juga mengatakan, perayaan Imlek secara kalender Masehi jatuh pada 22 Januari 2023 lalu. Secara tradisi Tionghoa dalam merayakan tahun baru Imlek atau tahun baru Cina, maka perayaan akan dilangsungkan selama 15 hari dan berakhir pada 5 Februari. Pada momen perayaan hari Imlek inilah, semua warga Tionghoa berkumpul.

"Untuk itu kami merasa, itu momen yang cocok untuk kita gelar pelantikan,” kata ko Gun sapaan akrab warga Mimika

Kurang lebih 20 tahun dibentuknya Himpunan Peduli Kasih Tionghoa (HPKT), namun dalam berjalannya waktu HPKT menilai cakupannya hanya khusus wilayah Kabupaten Mimika saja, sehingga dinaikan statusnya menjadi PSMTI agar cakupannya nasional.

Dalam perayaan Cap Go Meh ini akan dihibur pula atraksi seni wushu dan barongsai, sehingga besar harapannya, agar seluruh warga Tionghoa bisa hadir dalam perayaan tersebut.

“Undangan sudah kami sebarkan kepada seluruh warga Thionghoa, begitupun dengan ketua-ketua paguyuban di Mimika, yang belum menerima undangan agar bisa hadir dalam perayaan 5 Februari pukul 17:00 Wit," pinta Gunawan. (dts/ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral