Sejumlah warga berusaha membuka akses jalan yang tertimbun longsor dengan peralatan seadanya, di di Awan Rantekarua Toraja Utara.
Sumber :
  • Tim Tvone-Joni Bane Tonapa

Longsor dan Pohon Tumbang Tutup Badan Jalan di Awan Rantekarua

Jumat, 24 Maret 2023 - 11:00 WIB

Toraja Utara, tvOnenews.com Longsor dan pohon tumbang tutup badan jalan serta menimpa 1 unit rumah warga di Dusun Busso, Lembang Buntu Karua, Kecamatan Awan Rantekarua, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (24/3/2023) membuat aktifitas warga lumpuh.

“Kejadian saat hujan reda, tiba–tiba terdengar bunyi gemuruh saat kami sedang tertidur, saya langsung menarik anak saya untuk menyelamatkan diri, setelah tenang saya lihat rumah sudah rusak tepat di kamar karena tertimpa pohon, sementara bagian dapur jebol akibat terkena akar bambu yang terbawa tanah longsor," terang Meri Pabia’, korban Longsor.

Tingginya intensitas hujan yang disertai angin kencang di wilayah tersebut, membuat pohon yang berada di perbukitan tumbang, sehingga tanah ditebing pinggir jalan penghubung antara Kecamatan Awan Rantekarua dengan Rindingallo juga ikut longsor, akibatnya jalan utama warga tertutup.

Jalan yang merupakan jantung perekonomian warga tersebut, saat in hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, sebab batang pohon dan akar kayu tak bisa disingkirkan karena keterbatasan peralatan, hanya terlihat beberapa warga saling membantu mendorong motor agar bisa melewati lumpur yang menumpuk di jalan utama.

“Kami berharap ada perhatian dari pemerintah, baik dengan perbaikan jalan, maupun bantuan perbaikan rumah kami yang rusak akibat tertimpa pohon dan tanah longsor," ucap Meri Pabia’, penuh harap. 

Sementara saat ini sejumlah warga berusaha membuka akses jalan dengan peralatan seadanya, sebab jalan tersebut merupaka akses utama yang digunakan warga dan anak sekolah saat berangkat dan pulang sekolah.(jbt/ask)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral