Proyek Pekerjaan Ruas Buakayu–Bau–Ollon, Tana Toraja, melalui pantauan drone.
Sumber :
  • Joni Banne Tonapa

Serap Anggaran Rp.13 Milyar, Proyek Pekerjaan Ruas Jalan Objek Wisata Buakayu-Bau-Ollon, Kabupaten Tana Toraja, Tak Kunjung Rampung

Sabtu, 25 Maret 2023 - 12:13 WIB

Tana Toraja, tvOnenews.com – Telan anggaran hingga lebih Rp.13 Milyar, Proyek Pekerjaan Ruas jalan Buakayu - Bau - Ollon, di Lembang Bau, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, yang dipublikasikan pada akhir Desember 2022 lalu disejumlah media online jika telah teraspal 90 persen, namun hingga akhir Maret ini tak kunjung rampung.

Jalan menuju ke objek wisata Ollon saat ini terlihat dari mulai pintu masuk baru dibetonesasi itupun sepenggal - penggal.

Namun beberapa titik diantaranya telah dibetonisasi full. Sayangnya proyek yang menelan anggaran miliaran rupiah tersebut jika dilalui kendaraan, bagai sedang 'menaiki kuda' akibat permukaan jalan yang bergelombang.

Diduga karena lemahnya pengawasan dari dinas terkait, membuat pihak CV. Marko Utama, kontraktor pelaksana yang mengerjakan proyek tersebut, seolah tak lagi mempertahankan kualitas pekerjaan, dimana talut yang dipondasi disisi kiri kanan jalan mengambang diatas tanah dan rawan ambruk karena tak kualitas pondasi.

 

Selain itu, permukaan jalan yang mestinya diratakan pasca digali karena pelebaran, juga tak dilakukan pihak rekanan dengan dalih jika permukaan jalan yang baru dikeruk menggunakan alat berat tersebut dasarnya keras dan rata, padahal permukaan tanah terlihat masih labil dan sangat rentan membuat betonisasi tak bertahan lama.

Dikonfirmasi kepihak ke Dinas PUPR Kabupaten Tana Toraja, Alfred selaku PPK proyek ollon menjelaskan jika permukaan tanah yang keras memungkinkan untuk langsung dibetonisasi, ia juga berdalih jika jalan tersebut padat dan juga dibomak.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral