Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dorong UMKM Ekonomi kreatif di Gorontalo, Minggu (26/3/2023).
Sumber :
  • kadek sugiarta

Menparekraf Perkirakan Produk UMKM Meningkat 40 Persen Selama Ramadhan

Minggu, 26 Maret 2023 - 13:01 WIB

Gorontalo, tvOnenews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno terus mendorong UMKM Ekonomi kreatif di Gorontalo sebagai upaya menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan. Menteri Sandiaga memperkirakan penjualan produk Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia akan mengalami peningkatan selama bulan ramadhan. Kenaikan bahkan di prediksi akan mencapai 35 hingga 40 persen.

Dalam pelaksanaan Ramadhan Fair 2023 yang dilaksanakan di Foodcourt Limboto, Kabupaten Gorontalo, Sandiaga Uno mengatakan bahwa sampai saat ini kuliner masih menjadi andalan dan sesuai dengan trend ekonomi kreatif. Dimana kuliner memberikan kontribusi sebesar 42% dan Gorontalo sendiri memiliki keunggulan kuliner yang cukup dominan. 

"Ramadhan fair ini sangat konkret, mampu menghadirkan solusi dan Mudah-mudahan masyarakat bisa melihat harga-harga disini sangat terjangkau dan jauh beda harganya dengan yang ada di pasar. Sehingga bisa membantu masyarakat menghadapi bulan suci ramadhan ini," Tandasnya

Lebih lanjut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI juga mengungkapkan bahwa hadirnya UMKM di Ramadhan fair juga memberikan satu solusi bagi apa yang dihadapi masyarakat, yaitu tingginya harga-harga bahan pokok. 

"Kemudian ditambah dengan adanya fashion karawo seperti ini, dimana baju karawo ini menyumbang sekitar 18% dan sebesar 15% merupakan hasil kerajinan tangan. Penciptaan lapangan kerja dari adanya UMKM ekonomi kreatif ini harus kita Dorong, karena pada tahun 2024 target lapangan kerja sebanyak 4,4 Juta Lapangan kerja yang harus kita sediakan," Ungkap Sandiaga Uno, Sabtu (25/03/2023). 

Ramadhan fair 2023 turut menyediakan bahan-bahan pokok dengan harga terjangkau. Yang mana sebagian disubsidi oleh pemerintah dan sebagian merupakan bentuk kolaborasi dengan para UMKM ekonomi kreatif yang ada di Gorontalo. (iks/asm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral