Proses muat kerbau ke atas kapal di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, yang akan dikirkm ke Tana Toraja, Jumat (26/3/2023).
Sumber :
  • Irwansyah

90 Ekor Kerbau Jantan Dikirim ke Tana Toraja Melalui Pelabuhan Badas Sumbawa

Minggu, 26 Maret 2023 - 13:05 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - Karantina Pertanian Sumbawa Besar melepas pengiriman 90 ekor kerbau jantan ke Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Pengiriman dilakukan melalui Pelabuhan Badas menggunakan kapal, Sabtu 25 Maret 2023.

"90 ekor kerbau dikirim melalui Palabuhan Badas Sumbawa, ke Tana Toraja," kata Kepala Karantina Pertanian Sumbawa, drh. Ida Bagus Putu Raka Ariana, melalui drh. Prianto Dokter Hewan Muda Karantina Pertanian Sumbawa Besar, Minggu (26/3/2023).

Ia menyebut bahwa kerbau yang dikirim tersebut telah memenuhi syarat admistrasi pengiriman ternak ke luar daerah. 

"Semua sudah memenuhi syarat secara administrasi," katanya. 

Adapun persyaratan dimaksud lanjutnya, antara lain, surat veteriner yang dikeluarkan oleh Pejabat Otoritas Veteriner Daerah setempat. Kemudian, Surat keterangan kesehatan hewan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa. Surat izin pengeluaran ternak dari DPMTSP Provinsi NTB, telah melewati masa karantina 14, dan mendapatkan vaksin PMK minimal 1 kali dosis.

“Untuk persyaratannya sudah terpenuhi semua. Karena memang yang dikirim ini harus memenuhi syarat utama, karena ada kasus PMK," kata drh Prianto. 

Sebelum proses muat ternak ke atas kapal. Ada beberapa hal yang harus dilakukan yakni penyemprotan disinfektan di truk, kapal dan makanan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral