Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (30/3/2023) kemarin..
Sumber :
  • Tim Tvone-Haswadi

Berkunjung ke Sorowako, Jokowi Minta Perusahaan Tambang di Indonesia Mencontoh Pengelolaan Tambang PT Vale

Jumat, 31 Maret 2023 - 11:04 WIB

Luwu Timur, tvOnenews.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (30/3/2023) kemarin. Dalam sambutannya, Jokowi memerintahkan seluruh perusahaan tambang di Indonesia untuk mencontoh pengelolaan tambang berkelanjutan seperti diterapkan PT Vale.

“Saya sudah cek tadi, bagaimana PT Vale menyiapkan bibit-bibit, untuk merehabilitasi, mereklamasi lahan-lahan bekas tambang sangat bagus. Dan ini segera saya perintahkan seluruh perusahaan tambang di Indonesia, mengcopy atau meniru apa dilakukan PT Vale,” kata Jokowi sebelum menandatangani prasasti peresmian Taman Kehati Sawerigading Wallacea di Jalan Sumantri Brojonegoro, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulse), Kamis (30/3/2023).

Pada kesempatan itu, Jokowi berkunjung ke pasar rakyat Malidungi dan berkeliling ke lokasi tambang PT Vale Indonesia. Presiden juga meresmikan Taman Kehati Wallacea, Sorowako.

Ia mengatakan, sudah melihat bibit-bibit dan arboretum, kemudian memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai pentingnya lingkungan.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan penyertaan modal PT Vale Indonesia, Zheijiang Huayou Cobalt, dan Ford Motor Company untuk proyek Blok Pomala, Kabupaten Kolaka. Atas penandatanganan itu Presiden Jokowi menyambut baik.

“Saya menyambut baik perjanjian sedang ditandatangani 4 negara, Indonesia, Brazil, Tiongkok, Amerika Serikat. Jadi, di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulsel, akan ada kerja sama empat negara kita harapkan ke depan memberikan kontribusi PDRB kabupaten dan memberi efek pada masyarakat,” ucap Jokowi.

Sebab ujar dia, karena yang bergabung adalah perusahaan-perusahaan raksasa dunia di AS, Ford raksasanya mobil, di China, Huayou raksasanya industri lainnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral