Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan evaluasi pelaksanaan program asimilasi rumah nara pidana (napi) di sejumlah rutan dan lapas, Kamis (30/3/2023). ANTARA Foto/ M Faisal Hanapi.
Sumber :
  • Antara-Antara

Kemenkumham Sulbar Evaluasi Program Asimilasi Rumah bagi Napi

Jumat, 31 Maret 2023 - 11:42 WIB

Mamuju, tvOnenews.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program asimilasi rumah atau pembauran ke masyarakat bagi nara pidana (napi).

"Asimilasi rumah bagi napi, dilakukan saat menghadapi awal merebaknya COVID-19, asimilasi rumah bagi warga binaan menjadi program solusi atas permasalahan yang diakibatkan virus yang berbahaya tersebut," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulbar, Robianto, di Mamuju, Kamis (30/3/2023).

Ia mengatakan, kegiatan evaluasi asimilasi rumah bagi napi ini melibatkan Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI dan Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulbar. Evaluasi dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi atas pelaksanaan pelaksanaan asimilasi rumah yang dilaksanakan di berbagai rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Sulbar.

Ia juga menyampaikan program asimilasi rumah adalah proses pembinaan narapidana dan anak yang dilaksanakan dengan membaurkan narapidana dan anak dalam kehidupan masyarakat.

"Asimilasi untuk narapidana bisa dilakukan di dalam maupun di luar lapas rutan dengan bekerja sama dengan pihak ketiga sesuai peraturan menteri hukum dan ham," katanya.

Ia menjelaskan asimilasi di rumah tidak serta merta diberikan kepada semua narapidana yang ada di lapas dan rutan, tetapi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat.

Syarat tersebut kata dia diantaranya telah berkelakuan baik dibuktikan dengan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir, aktif mengikuti program pembinaan dengan baik dan telah menjalani seperdua masa tahanan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:54
05:57
02:52
01:10
01:35
02:06
Viral