Tradisi Tumbilotohe, Ribuan Botol Dinyalakan Serentak Sambut Lebaran.
Sumber :
  • I Kadek Sugiarta

Tradisi Tumbilotohe, Ribuan Botol Dinyalakan Serentak Sambut Lebaran

Rabu, 19 April 2023 - 07:03 WIB

Gorontalo, tvOnenews.com - Tiga hari menjelang lebaran, warga Gorontalo memiliki tradisi Tumbilotohe atau pasang lampu minyak yang serentak dilakukan oleh warga Gorontalo menyambut hari raya Idul Fitri.

“Dulu karena belum ada listrik, di malam 27 ramadhan para panitia zakat untuk membagikan zakat maka butuh penerangan. Mereka biasanya membagi zakat di malam hari sehingga diimbau para warga memasang lampu di depan rumah. Tujuannya, memberikan penerangan kepada panitia zakat untuk mendistribusikan zakat," jelas Rahmat Djafar, tokoh agama, Selasa malam (18/04/23).

Sejuta lampu botol minyak, dinyalakan serentak oleh masyarakat di Provinsi Gorontalo selama tiga malam, di berbagai lokasi, seperti  di tanah lapang, gedung perkantoran dan halaman rumah.

 

 foto : warga pasang lampu minyak pada malam 27 Ramadhan 1444 H.

 

Tradisi pasang lampu ini mulai dikenal sejak abad ke 15. Dalam sejarahnya, dimana dahulu masyarakat Gorontalo menggunakan lampu minyak untuk menerangi jalan ketika hendak pergi shalat tarawih dan membagikan zakat. Selain itu, tradisi ini pun sebagai wujud sambut hari raya Idul Fitri bagi masyarakat Gorontalo.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:26
03:14
02:13
03:28
00:58
Viral