7 warga meninggal akibat serangan anjing gila di kabupaten Sintang.
Sumber :
  • tut wuri

7 Korban Meninggal Akibat Gigitan Anjing Gila, Pemda Sintang Nyatakan KLB Rabies

Kamis, 8 Juni 2023 - 20:44 WIB

Sintang, tvOnenews.com - Kasus gigitan anjing gila (rabies) di kabupaten Sintang semakin meningkat, saat ini instansi terkait mencatat 7 korban meninggal dunia sementara satu orang masih dirawat di rumah sakit rujukan Ade M Djien Sintang.

"Sampai hari Kamis sudah terdata sekitar 282 kasus gigitan anjing yang menyebar di 14 kecamatan yang ada di kabupaten Sintang, dan sekitar 3000 ekor anjing yang sudah di vaksin oleh dinas pertanian dan perkebunan kabupaten Sintang," ujar Marten Nandung selaku Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kamis (8/6/2023).

Marten Nandung selaku Kadis Pertanian dan Perkebunan memberikan himbauan kepada semua masyarakat yang memiliki anjing peliharaan supaya di data di tingkat RT,desa serta kelurahan untuk mempermudah tim melakukan vaksinasi untuk mencegah menyebarnya kasu rabies. 

"Saat ini tim sudah melakukan vaksinasi ke beberapa kecamatan antara lain kecamatan Sepauk, Tempunak Ketungau Tengah serta di Sintang kota, anjing yang sudah kita beri vaksin kita tandai dengan kalung khusus, sehingga memudahkan kita untuk mendata mana anjing yang sudah divaksin dan mana yang belum," tambah Marten Nandung.

Sementara sampai sekarang stok vaksin yang di miliki oleh Pemda Sintang masih aman, untuk menjaga antisipasi kekurangan vaksin dinas terkait sudah mengajukan penambahan ke dinas provinsi serta meminta tambahan tenaga medis untuk memperluas vaksinasi rabies.

(twh/asm)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral