Jemaah haji kloter terakhir embarkasi Makassar tiba di aula penyambutan Asrama Haji Sudiang, Kamis (3/8/2023).
Sumber :
  • Wawan Setiawan

Kloter Terakhir Debarkasi Makassar Tutup Kedatangan Rombongan Haji 2024

Kamis, 3 Agustus 2023 - 22:51 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi Makassar, menerima kloter 43 yang menjadi kelompok jemaah haji terakhir di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (3/8/2023). Tercatat PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar memberangkatkan 16.888 jemaah haji ke Arab Saudi.

"Alhamdulillah jemaah haji Sulawesi Selatan dan Embarkasi Makassar saya kira memang luar biasa semangatnya untuk beribadah, dan ini tercermin dari sikap yang selalu menjaga nama baik negara. Yang paling membanggakan kami panitia jemaah haji benar Berakhlaqul Karimah," ujar Kakanwil Kementrian Agama Sulsel, Khaeroni, kepada wartawan Kamis (3/8/2023).

Dalam pelaksanaan haji tahun ini dari belasan ribu jemaah Embarkasi/Debarkasi Makassar, tercatat 56 orang jemaah meninggal dunia.

Menurut Kakanwil pelaksanaan haji tahun 2023 secara keseluruhan berjalan dengan baik. Meski demikian, ia menyadari masih banyak kekurangan dalam pemberian pelayanan kepada jemaah haji, khususnya yang lanjut usia (lansia).

"Tentu saja panitia sudah memberikan dedikasinya secara luar biasa mengeluarkan segala potensi yang dimilikinya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah," ujarnya. 

Ia juga bersyukur selama pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi, tidak hal signifikan dilakukan jemaah haji, seperti berbuat kejahatan dan melanggar hukum. 

"Yang menjadi catatan sangat positif bagi jemaah haji yang lain dari luar negeri. Tidak ada jamaah haji dari Indonesia yang melakukan tindakan kriminal dan tindakan yang di luar etika oleh karena itu kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya jamaah yang sudah menunjukkan hal yang baik," ungkapnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral