Puluhan ASN di Baubau terlihat meninggalkan barisan untuk berteduh di tepi lapangan saat upacara sedang berlangsung, Kamis (17/8/2023).
Sumber :
  • Jamil Azali

Miris, Puluhan ASN di Baubau Tinggalkan Barisan Saat Upacara HUT Proklamasi Berlangsung

Kamis, 17 Agustus 2023 - 18:23 WIB

Baubau, tvOnenews.com - Upacara peringatan HUT proklamasi kemerdekaan RI ke 78 di Kota Baubau dinodai aksi puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi peserta upacara memilih meninggalkan barisan untuk berteduh dan duduk-duduk saat upacara sedang berlangsung.

Di tengah khidmatnya pelaksanaan upacara memperingati HUT proklamasi ke 78 yang digelar di lapangan lembah hijau Kota Baubau, Kamis (17/8/2023), puluhan ASN ini memilih meninggalkan barisan dan berteduh sambil duduk-duduk dibawah spanduk di tepi lapangan saat upacara sedang berlangsung, sementara ratusan peserta upacara lainnya dengan khidmat mengikuti upacara hingga selesai.

Sejumlah warga turut menanggapi tindakan para peserta upacara yang memilih meninggalkan barisan dinilai tidak mencerminkan jiwa nasionalisme dan mencederai nilai-nilai perjuangan merebut kemerdekaan.

"Saya lihat mereka (ASN) banyak yang duduk-duduk padahal upacara sedang berlangsung, seharusnya mereka tetap berdiri menghadap bendera," kata Zalima, salah seorang warga yang menyaksikan pelaksanaan upacara tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Baubau, Laode Ahmad Monianse, menyayangkan masih ada ASN yang masih belum menghargai semangat perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan. Menurutnya, perilaku ini mencerminkan ketidak disiplinan.

"Itu artinya mereka belum bisa menangkap semangat perjuangan, padahal dengan upacara ini seharusnya dapat memupuk semangat perjuangan untuk mengisi kemerdekaan ini," kata Monianse.

Walikota Baubau ini mengaku akan memanggil ASN yang tidak disiplin dalam upacara peringatan HUT proklamasi kemerdekaan ini untuk diberi teguran agar tindakan-tindakan tindakan tersebut tidak terjadi lagi di upacara peringatan hari besar lainnya.(jai/mtr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral