Ratusan pemuda Toraja bersihkan sungai sa'dan gunakan perahu hias.
Sumber :
  • joni tonapa

Semarakkan HUT RI ke-78, Ratusan Pemuda Toraja Bersihkan Sungai Gunakan Perahu Hias

Jumat, 18 Agustus 2023 - 15:25 WIB

Toraja Utara, tvOnenenws.com - Meriahkan HUT RI ke-78, ratusan pemuda dari berbagai organisasi di Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, bersihkan sungai gunakan perahu unik khas daerah dan gelar festival pukul bantal. Kamis (17/8/2023). 

"Kami prihatin dengan kondisi sungai yang sudah tercemar dengan limbah rumah tangga, sehingga dimomen HUT RI ke 78 ini kami gunakan untuk memerdekakan sungai sa'dan bebas dari sampah," ungkap tokoh pemuda Tondon, Elia Salurante.

Dengan menyusuri sungai menggunakan perahu hias khas Toraja, membuat para pemuda semakin semangat, ditambah dengan atraksi hiburan pukul bantal, menambah semarak 17 Agustus kali ini di Toraja terlihat berbeda dari tahun sebelumnnya.

Selain pukul bantal, semarak 17 Agustus yang diikuti ratusan pemuda dari berbagai organisasi ini juga dimeriahkan dengan panjat pinang, susun batu di sungai, dan beberapa lomba lainnya, membuat ratusan hingga ribuan warga memadati bantaran sungai ba'lele, Kecamatan Rantepao, untuk menyaksikan kemeriahan HUT RI ke-78.

Tak hanya festival, ratusan pemuda dan warga juga ikut serta melakukan pembersihan sampah dialiran sungai sa'dan yang dimulai dari jembatan tagari hingga ke jembatan ba'lele.

Usai melakukan pembersihan, para pemuda dan warga kemudian melakukan upacara sebagai mana layaknya perayaan 17 Agustus, namun kali ini lebih unik karena digelar di tengah aliran sungai sa'dan, bahkan upacara yang digelar pemuda Toraja Utara tersebut tak mengurangi makna dalam merayakan kemerdekaan RI yg ke-78.

"Selain membersihkan sungai, kami juga membuat hiburan pukul bantal, panjat pinang, susun batu, dan beberapa perlombaan lainnya, dalam memeriahkan semarak HUT RI ke 78 Tajun ini," ucap Elia.
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral