Warga Desa Sandang Pangan antri air bersih.
Sumber :
  • Jamil Azali

Bertahun-tahun Krisis Air Bersih, Warga Sandang Pangan Akhirnya Dapatkan Bantuan

Selasa, 5 September 2023 - 06:22 WIB

Buton Selatan, tvOnenews.com - Bertahun-tahun mengalami krisis air bersih, warga Desa Sandang Pangan, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, mendapat bantuan air bersih sebanyak 20.000 Liter yang disalurkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, Senin (4/9/2023).

"Warga sangat antusias mendapat bantuan air bersih yang selama bertahun-tahun mengalami krisis air bersih, sejumlah warga bahkan harus memikul drum plastik menuruni bukit agar kebagian air bersih. Petugas BPBD dan Damkar terus melayani warga agar semua warga mendapatkan bantuan air bersih," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Buton Selatan, Zamaluddin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton Selatan bersama Dinas Pemadam Kebakaran menyalurkan bantuan air bersih dengan mengerahkan sejumlah mobil tangki dan mobil damkar untuk mengangkut air.

Zamaluddin, mengungkapkan 20 desa di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Sampolawa sebanyak dua desa, sementara Kecamatan Kadatua dan Kecamatan Batu Atas semua desa mengalami kesulitan air bersih.

"Berdasarkan data BMKG, kekeringan ini sudah terjadi sejak Agustus sehingga berdampak pada warga mengalami krisis air bersih, sehingga kami langsung bertindak untuk menyalurkan bantuan air bersih kepada warga di desa ini," ungkap Zamaluddin, ditemui di lokasi penyaluran bantuan air bersih di Desa Sandang Pangan.

Salah satu warga, Wa Tamu, merasa sangat terbantu dengan penyaluran bantuan air bersih di desanya, Wa Tamu berharap pemerintah daerah setempat dapat mengadakan layanan PDAM di Desa Sandang Pangan agar dapat mengatasi kesulitan air bersih yang sudah dialami warga selama bertahun-tahun.

"Terimakasih kepada pak Pj Bupati yang sudah membantu kami yang kesulitan air bersih karena kami disini sudah lama tidak mendapatkan layanan air bersih," harapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral