BPBD Buton Selatan modifikasi tandon jadi tangki trailler untuk salurkan bantuan air bersih.
Sumber :
  • Jamil Azali

Keterbatasan Alat, BPBD Buton Selatan Putar Otak Untuk Salurkan Bantuan Air Bersih

Selasa, 5 September 2023 - 09:35 WIB

Buton Selatan, tvOnenews.com - Terkendala keterbatasan alat untuk menyalurkan bantuan air bersih, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, berinovasi dengan memodifikasi tandon air menjadi tangki trailler agar memudahkan penyaluran air bersih ke desa-desa yang dilanda krisis air bersih.

"Ide dan gagasan ini lahir disebabkan keterbatasan peralatan yang hingga saat ini BPBD Buton Selatan belum memiliki tangki trailler air bersih. Tanpa tangki trailler, pendistribusian atau penyaluran air bersih ke desa-desa akan berjalan lamban," ucap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Buton Selatan, La Ode Risawal. Selasa (5/9/2023).

Risawal mengatakan mencoba merakit tandon air sejumlah 2 unit yg berkapasitas 650 Liter, yang didesain menggunakan mesin pompa air dengan Mesin Genset sebagai sumber listrik yang menggerakkan pompa.

Lanjut Risawal, tandon yang sudah dimodifikasi ini nantinya akan diletakkan di atas mobil pick up yang menjadi mobil pengangkut bantuan dari BNPB.

"Mobil pickup dengan dua tandon ini difungsikan sebagai pengganti mobil tangki trailler agar lebih mempercepat penyaluran bantuan air bersih," tutup Risawal.

BPBD Buton Selatan berharap pemerintah pusat dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana dapat memberikan bantuan mobil tangki trailler untuk lebih memudahkan tindakan penanggulangan bencana khususnya dalam melayani kebutuhan air bersih. (jai/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral