pesta adat Meta'u'a atau tradisi tolak bala masyarakat adat Binawakili di Pulau Siompu, Kabupaten Buton Selatan.
Sumber :
  • Jamil Azali

Jejak Gajah Mada Dalam Tradisi Meta'u'a di Buton Selatan

Selasa, 12 September 2023 - 13:57 WIB

Buton Selatan, tvOnenews.com - Ribuan masyarakat adat Binawakili di Pulau Siompu, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, menggelar pesta adat yaitu tradisi meta'u'a atau tolak bala. Tradisi ini juga untuk mengenang kedatangan pasukan gajah mada yang pernah singgah di Pulau Siompu dalam misinya mempersatukan nusantara ratusan tahun silam.

"Tradisi meta'u'a atau pesta adat tahunan oleh masyarakat adat Binawakili digelar selama lima hari yang diawali dengan tari lindano komtai atau tarian memanggil arwah yang dilakukan para tetua adat pada tengah malam, hal ini dikandung maksud meminta izin dimulainya tradisi meta'u'a," ungkap Ali, salah satu penggiat budaya adat Binawakili

Kata Ali, tarian ini dilaksanakan tepat jam 12 malam dimana para penari mengunakan baju kebesaran serba putih untuk memanggil para arwah yang dilakukan oleh orang tua adat

Ali menambahkan, pada malam berikutnya tari linda dilakukan sekelompok muda mudi yang disebut kosarunga untuk meluapkan kegembiraan dan juga sebagai ajang silaturahmi. Kemudian dilanjutkan dengan ritual sungkawiano yang bertujuan untuk mengenang jasa dua tokoh yang dihormati sebagai bangsawan Kesultanan Buton. Dalam ritual ini disajikan makanan serba santan yang dimaknai dapat mendatangkan rezeki.

 Pesta adat meta'u'a atau tradisi tolak bala masyarakat adat Binawakili di Pulau Siompu, Kabupaten Buton Selatan.

"Selanjutnya Sungkawiano Sangia, pengenangan terhadap La Ode Bunga Walanda dan Wa Ode Bunga Owe Owe, yang diyakini karam dan tengelam di seputaran pesisir Pulau Siompu dan makanan yang disajikan harus serba dari santan kelapa semua, " tambah Ali.

Di hari puncak tradisi meta'u'a digelar tarian sakral yang disebut fomani yaitu sebuah tarian yang konon diajarkan ketika sekelompok bhayangkara atau pasukan elit Majapahit mengawal gajah mada yang menyinggahi Pulau Siompu dalam pelayarannya ke timur nusantara.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
06:16
01:58
01:33
13:56
04:59
Viral