Satgas Gabungan Diturunkan untuk memadamkan belasan hektar lahan dan hutan lindung Tala-tala, Kabupaten Maros, Sulsel yang terbakar.
Sumber :
  • Wawan Setyawan

Hutan Lindung Tala-tala Maros Terbakar, Satgas Gabungan Diturunkan

Kamis, 14 September 2023 - 12:02 WIB

Maros, tvOnenews.com - Kebakaran hutan lindung pinus tala-tala masih terjadi, tim Satgas gabungan masih berupaya memadamkan api di tengah musim kemarau. Sulitnya akses jalan membuat proses pemadaman berjalan lambat karena air yang digunakan harus di angkut secara manual.

"Anggota Satgas, baik TNI/Polri, BPBD, Manggala Agni, KLHK Bulu Saraung, Damkar Polisi Kehutanan, unsur komponen lainnya serta masyarakat terjun ke lokasi untuk memadamkan kebakaran itu," ujar Dandim 1422/Maros, Letkol Arm Nikolas Sirilus, Kamis (14/9/2023).

Dandim 1422/Maros menjelaskan, usai meninjau lokasi kebakaran hutan lindung di Dusun Tala-tala, Desa Bontomanai Kecamatan Tompobulu Kab. Maros. Tim Satgas gabungan dari berbagai elemen terus berupaya melerai api.

Tim gabungan harus menggunakan jet shooter atau pompa punggung untuk menyiram titik api secara manual, dikarenakan mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke lokasi.

Ditambah musim kemarau, dan suhu panas ditengah el-nino membuat penyebaran api kian meluas dan sulit di padamkan. Sedikitnya belasan hektar lahan dan hutan lindung mengalami kebakaran hingga nyaris ke pemukiman warga di Kabupaten Maros.

“Kemarau yang terjadi saat ini memicu kebakaran makin meluas, khususnya di lahan Hutan Lindung yang kering,” jelasnya.

 Tampak dari atas belasan hektar lahan dan hutan lindung Tala-tala, Kabupaten Maros, Sulsel yang terbakar, Kamis (14/09/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral