Parade budaya dan pangan produksi lokal meriahkan perayaan 85 tahun Katolik masuk di Toraja.
Sumber :
  • joni tonapa

Parade Budaya dan Pangan Lokal Semarakkan 85 Tahun Katolik Masuk Toraja

Minggu, 17 September 2023 - 13:59 WIB

Toraja Utara, tvOnenews.com – Ribuan umat rayakan 85 tahun Katolik masuk Toraja dengan menggelar jalan santai dan parade budaya sambil membawa sejumlah pangan lokal, mengelilingi Kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. 

“Hari ini adalah perayaan puncak babtis pertama gereja katolik di toraja yang dihadiri sekitar sepuluh ribuan umat katolik dari berbagai pelosok toraja, kita rayakan ini dengan meriah, namun tetap mengedepankan kearifan lokal Toraja," terang Pastor Yan Sulo, Minggu (17/9/2023).

Parade budaya yang menampilkan kearifan lokal toraja tersebut dimulai dari alun-alun Kota Rantepao menuju lapangan bakti, menjadi tontonan menarik sejumlah warga dan wisatawan yang sedang menikmati liburan Toraja. 

Selain parade budaya lokal yang unik dengan busana khas daerah, sejumlah pangan produksi lokal yang sudah jarang ditemui juga ikut ditampilkan dalam perayaan ini.  

para peserta yang menggunakan baju adat khas daerah menjadi rebutan sejumlah wisatawan untuk mengabadikan momen langkah yang unik dalam perayaan 85 tahun katolik masuk toraja, membuat perayaan semakin meriah.

“Perayaan 85 Tahun Katolik masuk Toraja ini sengaja kita gelar meriah sekaligus parade budaya yang didalamnya menampilkan pangan lokal karena kita ingin mengembalikan nilai-nilai yang dianut oleh leluhur orang toraja dalam mengangkat nilai budaya," tutup Pastor Yan Sulo yang juga pemerhati budaya toraja.

(jbt/asm)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:27
01:09
02:00
01:14
02:34
06:16
Viral